Buka Usaha Receh, Tapi Cuan Rp1 Juta Sehari! Berikut Kisah Mantan TKI Korea

Rabu, 06 Desember 2023, 13:15 WIB | Bisnis | Nasional
Buka Usaha Receh, Tapi Cuan Rp1 Juta Sehari! Berikut Kisah Mantan TKI Korea
Ilustrasi kisah sukses pengusaha asal Blitar. (Foto: kanal Youtube Pecah Telur)

DIKUTIP dari kanal YouTube Pecah Telur, Puguh Ahmad Miftahudin, merupakan seorang pengusaha muda berdarah Blitar, berasal dari desa Salamrejo, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Wilayahnya dikenal karena mayoritas penduduknya mengandalkan sektor pertanian, terutama tanaman melon, palawija, jagung, kedelai, dan lombok.

Meski demikian, Puguh tidak merasa tertarik dengan arah tersebut. Sebaliknya, dia merasa terpanggil untuk menguji nasibnya di Korea.

Akhirnya, Puguh memutuskan untuk belajar bahasa Korea dan bergabung dengan lembaga pelatihan bahasa (LPK) dengan membayar biaya sebesar Rp3,5 juta rupiah.

Baca juga: Cuma Modal Rp500 Ribu ke Penghasilan Rp100 Jutaan/Bulan: Tips Sukses Bangun Usaha

Proses ini melibatkan pengurusan paspor dan asuransi kesehatan yang dapat dibayarnya secara bertahap dengan menggunakan gaji bulanannya.

Selama tiga tahun berstatus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea, Puguh bekerja di sebuah pabrik tekstil dengan tanggung jawab memasang dan membongkar mesin.

Meskipun pendapatannya masih di bawah 30 juta rupiah, tergantung pada durasi jam kerja yang mencapai 17 jam sehari, ia mengakui bahwa biaya hidup di Korea cukup terjangkau, yakni sekitar 5 juta rupiah per bulan.

Puguh menyoroti fasilitas perusahaan yang menyediakan makanan di kantin, mengurangi beban biaya makan.

Baca juga: Rugi Ratusan Juta Karna Ayam Mati!? Tips Usaha: Begini Cara Mengenali Penyakit Ayam Broiler

Meski demikian, ia tak menutup mata terhadap godaan-godaan seperti pembelian elektronik dan hiburan malam yang legal di Korea, yang dapat menjadi tantangan bagi mereka yang kurang memiliki ketahanan.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH