Kualitas Sekolah Swasta dan Negeri di Padangpanjang Relatif Sama

Kamis, 24 Desember 2015, 16:28 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Kualitas Sekolah Swasta dan Negeri di Padangpanjang Relatif Sama
Kepala Dinas Pendidikan Padangpanjang, Desmon. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Dinas Pendidikan Padangpanjang, Desmon menyebutkan, kualitas pendidikan di sekolah swasta sama dengan negeri, karena pembinaan sekolah swasta juga dari Dinas Pendidikan.

"Pembinaan terhadap sekolah swasta hampir sama dengan sekolah negeri, sehingga kualitasnya tidak jauh berbeda dengan negeri," kata Desmon di Padangpanjang, Kamis (24/12/2015).

Ia menyampaikan, perbedaan antara sekolah negeri dan swasta hanya dari segi biaya. "Di sekolah swasta masih mengeluarkan biaya untuk siswanya bersekolah, sedangkan negeri gratis," katanya.

Ia menyebutkan, pemerintah telah mengalokasikan dana 30 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 senilai Rp460 miliar untuk pendidikan. Sebagaimana diketahui, mutu pendidikan Kota Padangpanjang dinilai cukup baik di Provinsi Sumatera Barat. Karena terdapatnya sekolah-sekolah unggulan di tingkat SMA.

Baca juga: Fadly Amran: Zakat dan Wakaf adalab Instrumen Keuangan Islam yang Solutif

Namun demikian, menurut Desmon, di 2016, untuk sekolah tingkat SMA akan dikelola langsung pemerintah provinsi, berdasarkan UU No 23 Tahun 2014 yang pemberlakuannya mulai di 2016. "Dengan demikian, Dinas Pendidikan di 2016 hanya melakukan pengelolaan bagi sekolah dasar (SD) dan SMP," katanya menyebutkan bangunan SD di Kota Padangpanjang sebanyak 33 unit.

Dia mengatakan, setiap penerimaan murid baru, kuota murid diterima 80 persen bagi warga kota, sebanyak 15 persen untuk warga Batipuh dan X Koto dan 5 parsen bagi warga di luar Batipuh dan X Koto. (bri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: