Sekarang Modal Rp300 Ribu Sudah bisa Ternak! Apa Sih Ide Usahanya?

Kamis, 09 November 2023, 13:00 WIB | Bisnis | Nasional
Sekarang Modal Rp300 Ribu Sudah bisa Ternak! Apa Sih Ide Usahanya?
Ilustrasi ide usaha ternak modal sedikit, cocok untuk pemula. (Foto: Canva/Pinterest)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Modal awal yang sangat terjangkau, di mana harga telur jangkrik sekitar Rp200.000 per kilogram. Sehingga budidaya jangkrik tergolong mudah dan efisien.

Jadi kamu dapat memulai dengan menempatkan telur jangkrik di papan tripleks dengan media claras atau daun pisang kering. Sementara, untuk pakan dapat berupa sayuran seperti bayam, kangkung, daun pisang muda, dan daun pepaya.

Contoh sukses adalah Catur Budiono seorang pemuda yang mampu menghasilkan jutaan rupiah per bulan dari ternak jangkrik. Sehingga kamu pun juga masih bisa menjadikan usaha ini sebagai pilihan untuk terjun ke dunia bisnis.

4. Ternak Semut Kroto

Terakhir yaitu ternak semut kroto, di mana usaha ini merupakan peluang bisnis yang mungkin kurang dikenal tetapi sangat menguntungkan.

Selain sebagai pakan burung, kroto juga digunakan dalam makanan seperti sambal, gado-gado, atau pecel. Modal awal sekitar Rp300.000, yang cukup untuk memulai.

Bibit semut kroto biasanya dijual sekitar Rp20.000 per toples. Mereka diternak dalam rak kayu yang dibuat dengan harga sekitar Rp140-200 ribu.

Pangannya sendiri berasal dari belalang, cacing tanah, dan jangkrik. Nah untuk harga jual kroto berkisar antara Rp100.000 hingga Rp250.000 rupiah per kilogram.

Jadi dengan hasil panen sekitar 30 kilogram per bulan, kamu dapat menghasilkan cuan sekitar Rp7,5 juta sebulan.

Intinya artikel ini menggambarkan beberapa peluang bisnis ternak dengan modal terjangkau yang bisa kamu coba. Ingatlah bahwa kesuksesan dalam bisnis ternak tergantung pada pengetahuan dan kerja kerasmu sendiri.

Itulah beberapa ide usaha ternak yang bisa kamu jadikan pilihan, semoga informasi ini bisa bermanfaat. (*)

Halaman:
1 2 3
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: