Cara Jadi Freelancer untuk Pemula Beserta Tips Mendapatkannya, Cocok Buat Honorer

Minggu, 05 November 2023, 09:40 WIB | Bisnis | Nasional
Cara Jadi Freelancer untuk Pemula Beserta Tips Mendapatkannya, Cocok Buat Honorer
Ilustrasi Rekomendasi Freelancer untuk Honorer (foto: Canva)

ENTAH kabar gembira atau tidak, bagi kamu yang berprofesi sebagai Honorer atau tenaga kerja tambahan pada suatu instansi negeri.

Honorer biasanya ada yang menjadi guru atau pun pegawai pemerintahan lain, dimana gajinya dari instansi tersebut dan biasanya tidak dapat tunjangan.

Di Indonesia, jarang sekali Honorer bisa tercukupi semua kebutuhan dengan mengandalkan gaji saja. Apalagi di daerah, bahkan tahun 2024 nanti Honorer ditiadakan.

Kabar bahagia honorer ditiadakan adalah untuk menunjukkan bahwa pekerja mana pun harus diberi gaji layak, sementara honorer kan tidak. Selain itu, para petinggi instansi tak bisa menyalahgunakan wewenang lagi.

Baca juga: 4 Ide Usaha Modal Kecil Untuk Pemula, Cuannya Bukan Main! Mau Coba?

Sementara, kabar tidak senangnya yaitu Honorer harus mencari pekerjaan baru atau menunggu seleksi PPPK sekali setahun. Bagaimana menurutmu? Apakah honorer dihapuskan dari Indonesia adalah kabar baik atau sebaliknya?

Melatarbelakangi kasus tersebut, Valora News akan merangkum informasi terkait cara jadi freelancer bagi pemula beserta tips dapatkan kerjanya yang bisa para honorer coba sebagai aktivitas menghasilkan cuan karena tidak bisa jadi honorer selamanya.

Cara Jadi Freelancer untuk Pemula

Tahap pertama yang harus kamu ketahui sebagai pemula yaitu mencari tahu kemampuan apa yang kamu miliki terlebih dahulu, mari kilas balik latar belakang pendidikanmu apa. Lulusan SMA kah? Atau kuliah jurusan apa? Dan sebagainya, cari tahu dulu keahlianmu.

Apabila tidak punya 1 pun keahlian, kamu bisa mulai dari sesuatu yang kamu sukai. Misalnya kamu suka edit foto, maka coba kuasai bidang Design Grafis. Atau kamu suka menulis, mulai lah menjadi Content Writer. Sampai di sini, sudah tahu apa yang kamu suka?

Baca juga: Penghasilan Tambahan Rp600 Ribu, Cuma Jadi Freelance! Simak Apa Saja Peluangnya

Pilih satu saja misal, kamu suka melakukan pengeditan foto. Tapi belum punya ketrampilan Design Grafis yang bagus, tenang! Ikut saja beberapa pelatihan gratis atau webinar online seperti Skillshare dan Codecademy serta Memrise hingga Canva Design School.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: