Pembinaan Kepribadian ala Pesantren di Lapas Suliki, Kemenag Terjunkan 10 Pengajar

Jumat, 20 Oktober 2023, 11:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Pembinaan Kepribadian ala Pesantren di Lapas Suliki, Kemenag Terjunkan 10 Pengajar
Warga binaan Lapas Kelas III Suliki, mengikuti program pembinaan kepribadian yang diinovasikan jadi program pembinaan pesantren, kemarin. Pengajarnya didukung Kantor Kemenag Limapuluh Kota. (humas)

LIMAPULUH KOTA (20/10/2023) - Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota, terjunkan 10 orang dai untuk kawal program pembinaan ala pesantren di Lapas Kelas III Suliki.

"Pembinaan kepribadian yang diinovasikan jadi program pembinaan pesantren itu, tenaga pengajarnya berasal dari KUA Kecamatan Suliki, Pesantren An-Nahl, Baznas dan BKMT Limapuluh Kota," ungkap Kepala Lapas Kelas III Suliki, Kamesworo dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat.

Selama proses pembinaan kepribadian ini, terang Kamesworo, warga binaan ini seolah jadi santri sungguhan yang mengenyam berbagai ilmu dan pengetahuan mengenai agama.

Mayoritas warga binaan Lapas Suliki, ungkap dia, seluruhnya adalah beragama Islam. Sehingga, pembinaan pola ini, cocok jadi pondasi bagi mereka dalam menyucikan diri untuk mulai belajar agama.

Baca juga: Ini Pemenang Kemenag's Talent Show 2024, Runnerup Guru MTsN 4 Agam

Hasilnya, dari sebelumnya warga binaan ada yang tidak bisa membaca al Quran, maka mereka masuk dalam kelompok belajar Iqro.

Bagi yang sudah bisa membaca namun tajwidnya belum sempurna, masuk dalam kelompok belajar tahfiz al Quran.

"Alhamdulilah, terima kasih program pembinaan Lapas pesantren berjalan sesuai harapan. Saya berharap, ini bisa mewujudkan warga binaan yang hafal al Quran sehingga jadi seorang hafiz," harap Kamesworo.

Pembinaan Lapas berbasis pesantren ini, merupakan Lapas pertama di Sumatera Barat yang didukung gubernur Sumatera Barat dan Bupati Limapuluh Kota.

Baca juga: HAB Kemenag ke78 Tingkat Agam, Bupati: Masyarakat Butuh Layanan yang Adil, Transparan dan Akuntabel

Program ini juga sudah diresmikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat sekaligus pemerintah provinsi. (*)

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: