Disketapang Pekanbaru Paparkan Keunggulan Inovasi Puan Berseri ke Rombongan DWP Tanah Tadar

Sabtu, 14 Oktober 2023, 10:00 WIB | Bisnis | Kota Pekanbaru
Disketapang Pekanbaru Paparkan Keunggulan Inovasi Puan Berseri ke Rombongan DWP Tanah...
Ketua DWP Pekanbaru, Haswinda Indra Pomi saat memaparkan dan menerima rombongan DWP Kab. Tanah Datar, Sumbar, terkait Inovasi Puan Berseri, Jumat. (humas)

PEKANBARU (13/10/2023) - Inovasi Pemasaran Usaha Pangan Bersama Secara Lestari (Puan Berseri) jadi program unggulan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Pekanbaru. Inovasi ini dimaksudkan untuk solusi memotong rantai distribusi bahan pangan.

Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Cadangan Pangan Disketapang Pekanbaru, Dinal Husna mengatakan, inovasi ini memadukan Binaan Pangan Olahan dengan Kelompok Wanita Tani (KWT).

"KWT menanam sayuran, cabai, tomat, dan terung. Pangan olahannya oleh kami dengan memberdayakan ibu-ibu DWP. Pangan hasil olahan DWP ini dipasarkan di outlet kami di Pekan Pangan Madani setiap hari Ahad," ungkap Dinal Husna di Pekanbaru, Jumat.

Inovasi ini disampaikan Dinal Husna saat berdialog dengan rombongan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tanah Datar yang lakukan kunjungan kerja ke Pekanbaru.

Ketua DPW Kabupaten Tanah Datar, Laura Iqbal mengatakan, kunjungan ke Disketapang Pekanbaru ini dalam rangka menambah wawasan anggota DWP, untuk usaha peningkatan ekonomi keluarga.

"Pengetahuan ini juga akan disebar ke masyarakat Tanah Datar. Usaha peningkatan ekonomi keluarga merupakan salah satu program Pemkab Tanah Datar," kata Laura pada sesi dialog.

Link and Match

Sementara itu, Ketua DWP Pekanbaru, Haswinda Indra Pomi mengatakan, DWP Tanah Datar melakukan studi tiru. DWP Pekanbaru mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini.

"Semoga bisa mendapat ilmu dari Disketapang," harapnya.

DWP Tanah Datar secara khusus ingin berbagi informasi terkait outlet Puan Berseri. Outlet ini merupakan salah satu sarana tempat berjualan produk-produk pangan segar dan olahan dari Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani, UMKM, dan penggiat usaha pangan lainnya.

"Outlet ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memotong rantai distribusi pangan. Panjangnya rantai distribusi dinilai mengakibatkan tingginya harga sampai ke konsumen," ujar Haswinda. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: