4 Peluang Usaha Ternak Modal Rp300 Saja, Yakin Tidak Mau Mencoba?

Jumat, 15 September 2023, 14:58 WIB | Bisnis | Nasional
4 Peluang Usaha Ternak Modal Rp300 Saja, Yakin Tidak Mau Mencoba?
Ilustrasi peluang usaha ternak modal Rp300 ribu. (Foto: Canva/Pinterest)

3. Ternak Jangkrik

Usaha ternak berikutnya yaitu ternak jangkrik. Di mana usaha ini juga harus menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin memulainya.

Sebab usaha ternak satu ini sangatlah menguntungkan, mengingat banyaknya permintaan untuk pakan burung dan ikan. Modal awal untuk memulai usaha ternak jangkrik pun sangat terjangkau.

Telur jangkrik biasanya dihargai Rp200.000 per kilonya. Budidaya jangkrik ini terbilang cukup mudah, telur jangkrik yang telah didatangkan cukup diletakkan di papan tripleks berukuran 30 cm persegi.

Papan tersebut kemudian diletakkan di atas box, yang telah diberi media claras atau daun pisang kering. Kemudian untuk pakannya sendiri, bisa dikasih sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, daun pisang muda, dan daun pepaya.

Contohnya Mas catur Budiono Pemuda asal Boyolali yang sebulan bisa untung jutaan rupiah dari budidaya jangkrik.

4. Ternak Semut Kroto

Selain ternak jangkrik, ternak semut kroto memang tidak sefamiliar ternak lele atau ternak udang. Pasalnya bisnis ini memang menyasar yang spesifik saja.

Atau bisa juga pasarnya bagi orang yang mencari dan dibutuhkan oleh sekelompok pasar tertentu saja, seperti mereka yang hobi memelihara burung kicau.

Tapi selain sebagai bahan pakan burung, kroto juga menjadi salah satu bahan makanan. Di mana di Indonesia, kroto bisa dimasak sebagai bumbu dalam makanan.

Di antaranya seperti sambal atau sebagai lauk dalam hidangan seperti gado-gado, atau pecel. Nah, dengan modal Rp300.000 saja kamu sudah bisa memulai usaha ini.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: