Pekanbaru Masuk 100 Smartcity Indonesia, Raja Hendra: Kita Incar Jaringan Smartcity Internasional

Rabu, 13 September 2023, 23:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Pekanbaru
Pekanbaru Masuk 100 Smartcity Indonesia, Raja Hendra: Kita Incar Jaringan Smartcity...
Kepala Diskominfotiksand, Raja Hendra Saputra bersama Firmansyah Eka Putra dan Kabag Kerjasama, Dedi Damhudi menghadiri Konferensi Smart City Internasional, di Jakarta, Selasa. (humas)

PEKANBARU (12/9/2023) - Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, Raja Hendra mengatakan, Kota Pekanbaru akan terus belajar dan mengupayakan smart city di ibu kota provinsi Riau itu.

"Kita berharap, Pekanbaru bisa belajar dari kota jaringan smartcity internasional. Pekanbaru sudah masuk dalam 100 smartcity Indonesia dan kedepannya kita berharap bisa masuk kedalam jaringan smartcity internasional," harap Raja Hendra dalam pernyataan tertulis yang diterima, Rabu.

Harapan itu disampaikan Raja Hendra didampingi Kabag Kerjasama Setdako Pekanbaru, Dedi usai menghadiri Konferensi Smart City Internasional, di Jakarta, Selasa.

Dalam agenda tersebut, Menteri Kominfo RI, Budi Arie mengatakan, kehadiran smart city diharapkan menjadi solusi bagi kehidupan kita yang semakin kompleks. Smart City jadi kebutuhan bagi warga kota di tengah ancaman krisis iklim dan dunia.

Baca juga: Indosat Business Siap Wujudkan Konsep Smart City Sumatera Barat

"Smart City yang terbuka dan berkelanjutan demi meningkatkan pelayanan dan kualitas hidup masyarakat. Kemkominfo terus berupaya untuk memfasilitasi pengembangan smart city di berbagai kota di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Kemenparekraf RI, Sandiaga Uno mengatakan, internasional smart city berbicara tentang digitalisasi dan inovasi yang mendukung konsep go green dalam dunia kepariwisataan.

Ini merupakan suatu kontribusi dalam peningkatan sektor wisata.

"Internasional Smart City berbicara tentang digitalisasi dan menghasilkan terobosan-terobosan baru untuk penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja. Mudah-mudahan kemampuan anak bangsa seiring dengan perkembangan teknologi dan smart city," jelasnya. (*)

Baca juga: Agam Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Progul, Ini Arahan Bupati

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: