Indosat Business Siap Wujudkan Konsep Smart City Sumatera Barat

Kamis, 12 Oktober 2023, 13:00 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Indosat Business Siap Wujudkan Konsep Smart City Sumatera Barat
Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah memberikan sambutan pada Government Gathering Indosat Smart City Forum di Padang, Rabu. (humas)

PADANG (12/10/2023) - Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah menyatakan, sebagai perusahaan telekomunikasi digital dan penyedia teknologi melalui Indosat Business, Indosat Ooredoo Hutchison akan membantu mewujudkan konsep Smart City di Sumatera Barat.

"Kita akan berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar, tentu juga dengan semua pemkab/kota, terutama dalam menyediakan ICT solution, sebuah solusi teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya dengan Smart City," kata Muhammad Buldansyah saat Government Gathering Indosat Smart City Forum di Padang, Rabu.

Indosat Business sebelumnya dikenal dengan konektivitas dan jaringan, namun kini juga mengembangkan konsep Smart City di Indonesia.

Dijelaskan, solusiSmart CitydariIndosat Businessmenyediakan beragam teknologi berbasis artificial intelligence (AI) dan IoT (Internet of Things) yang dapat diterapkan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Ini Jadwal Penting Pilkada Serentak di 12 Kabupaten, 7 Kota dan Provinsi se-Sumatera Barat

Mulai dari video analytics serta aplikasi pelaporan yang terintegrasi dengan CCTV, laporan masyarakat, serta laporan dari satuan unit kerja Pemda yang memudahkan untuk memantau kondisi kota secara real-time.

"Indosat Business juga menyediakan aplikasi E-Gov untuk pelayanan pada masyarakat seperti Dukcapil, PPOB, pembayaran pajak, tiket wisata dan lain-lain," tambahnya.

Solusi digital lainnya untuk pengembangan konsep masa depan Smart City dari Indosat Business adalah Smart Lighting untuk PJU, Smart Public Transport serta Smart Power & Water monitoring.

Aktivitas solusi digital itu, semuanya dapat dilihat secara menyeluruh dalam satu dashboard secara real-time, sehingga para pemangku kepentingan bisa melihat, mengatur, mengawasi kondisi kota setiap saat, untuk dapat lebih melayani publik dengan baik.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: It Arman Caleg PPP Dituntut 2 Tahun Penjara

Selain itu, ada juga Command Center, sebuah ruangan pusat visualisasi data yang diperoleh, baik itu secara online, offline, internal maupun eksternal yang dapat dikelola dan ditampilkan di dalam layar lebar.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Indosat

Bagikan: