Kementrian BUMN Wacanakan Merger Garuda, Citilink dan Pelita Air, Nevi: Jangan Sampai Semua jadi Sekarat

Jumat, 08 September 2023, 16:45 WIB | Bisnis | Nasional
Kementrian BUMN Wacanakan Merger Garuda, Citilink dan Pelita Air, Nevi:  Jangan Sampai...
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina.

JAKARTA (8/9/2023) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina berharap, rencana merger PT Garuda Indonesia (Persero) dengan Citilink dan Pelita Air, belum menyelesaikan persoalan yang ada di Garuda Indonesia sampai ke akar-akarnya.

"Merger ini juga berpotensi menimbulkan masalah baru. Jangan sampai bermaksud menyelamatkan Garuda Indonesia, tapi malah membuat Citilink dan Pelita Air jadi ikut sekarat," tutur Nevi di Senayan, Jakarta, dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat.

Dia menegaskan, Garuda Indonesia saat ini tengah berada dalam status Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Dimana , proses pengadilan melarang kreditor untuk memaksa debitur dalam membayar utangnya pada jangka waktu tertentu.

"Dalam kondisi PKPU sementara tersebut, bisa saja kreditur merasa keberatan jika Garuda Indonesia melakukan penyimpangan terhadap rencana bisnisnya. Sehingga, berpotensi PKPU dapat dicabut," tegas Nevi.

Baca juga: PLN Bantu Rp75 Juta, Warga Ikut Berpartisipasi, Hasilnya Jalan Usaha Tani Sepanjang 300 Meter

Nevi berharap, Kementerian BUMN melakukan kajian secara matang, terkait rencana merger perusahaan pelat merah aviasi itu.

"Kondisi keuangan Garuda Indonesia saat ini masih belum membaik. Nasib Citilink dan Pelita Air, saat ini juga belum terlalu baik. Langkah merger ini harus benar-benar dikaji matang," tegas Nevi.

Menurut politisi PKS ini, upaya penyelamatan Garuda Indonesia harus dimulai dengan keseriusan dalam penerapan good corporate governance secara baik dan konsisten.

Hal ini, lanjut Nevi, perlu dilakukan dalam rangka menjamin kelangsungan perusahaan maskapai penerbangan itu secara berkelanjutan.

Baca juga: Nevi Zuairina: Pendidikan Agama jadikan Siswa Individu yang Bertanggungjawab

Kemudian, Garuda Indonesia juga konsisten melaksanakan implementasi business plan yang telah disepakati.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: