32 Nagari di Agam jadi Lokasi Khusus Stunting, Jumlah Penderitanya 2009 Jiwa

Kamis, 07 September 2023, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
32 Nagari di Agam jadi Lokasi Khusus Stunting, Jumlah Penderitanya 2009 Jiwa
Tim Monev Stunting Pemprov Sumbar, gelar monitoring dan evaluasi Percepatan Penurunan Stunting di Agam, Kamis. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Di antaranya, memasukkan stunting ke dalam program unggulan Bupati Agam, membuat pusat data yang sudah diluncurkan dalam aplikasi SIKOCIT (Sistem Informasi dan Koordinasi Cegah Stunting Terintegrasi).

Kemudian, akan dilaksanakan pula program Bapak Asuh Anak Stunting yang disebut Basaragam (Bapak Asuh Rang Agam).

Sementara, Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Rusdi yang juga merupakan anggota Satgas Stunting Sumatera Barat menjelaskan, yang akan dilihat dalam Monev, pertama faktor legal seperti Surat keputusan (SK) Surat Edaran (SE) dan lainnya.

Baca juga: STUNTING: TPPS Pessel Gelar Rencana Tindak Lanjut Audit

Kedua perencanaan dan penganggaran seperti Sumber dana APBN, APBD serta lainnya. Ketiga implementasi program penanganan stunting di lapangan.

Wildan, selaku Koordinator Program Manager dan Ketua Satgas Stunting Sumatera Barat menambahkan, aspek lainnya yang dibahas dalam Monev yaitu penatausahaan, evaluasi dan pelaporan.

Selanjutnya, terang dia, peran yang dimiliki oleh setiap pemangku kepentingan dalam penurunan stunting serta pencapaian indikator Peraturan Presiden dan RAN PASTI (panduan terkait apa saja yang harus dilakukan oleh stakeholder dan pemerintah daerah dalam penanganan stunting). (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: