Makan Bajamba Hiasi Pelaksanaan Musrenbang Nagari Tabek

Rabu, 12 Februari 2020, 19:38 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Makan Bajamba Hiasi Pelaksanaan Musrenbang Nagari Tabek
Ketua Tim III Musrenbang Tanahdatar, Daryanto Sabir memberikan arahan pada kegiatan Musrenbang Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanahdatar, Rabu (12/2/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Tuduang saji dan dulang, memenuhi Balairung Sari yang jadi lokasi musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Nagari Tabek,Kecamatan Pariangan,Kabupaten Tanahdatar, Rabu (12/2/2020). Balairung Sari ini merupakan salah satu objek wisata yang dikelola Balai Pelestarian Cagar Budaya wilayah kerja Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau.

"Tuduang Saji dan Dulang ini berisi aneka makanan khas Nagari Tabek. Selesai musrenbang ini, kita makan bersama. Ini sudah jadi ciri khas setiap pelaksanaan Musrenbang," ungkap Wali Nagari Tabek, Rispel Murni Nurdin, saat pembukaan Musrenbang.

Dikatakan, makanan itu merupakan swakelola Bundo kanduang dan warga Nagari Tabek. "Semoga semua peserta Musrenbang menikmati suasana di Balairung Sari ini," harap dia.

Musrenbang ini dihadiri Anggota DPRD Tanahdatar, OPD, Forkopimca, BPRN, KAN, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Baca juga: Mendagri Ikuti Tradisi Makan Bajamba Ala Minang di HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Sampaikan Filosofinya

Dikesempatan itu, Rispel mengucapkan terimakasih pada Dafrizal, anggota DPRD Tanahdatar periode 2014-2019. Putra daerah Nagari Tabek itu dinilainya telah banyak memberikan kontribusi berupa dana Pokir terhadap pembangunan di nagari itu.

"Harapan kami, kepada anggota DPRD Tanahdatar yang hadir saat ini, juga berkontribusi mengalokasikan dana yang berasal dari Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (BKBK), demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan," harap Rispel.

Terpisah, Ketua Tim III Musrenbang Tanahdatar, Daryanto Sabir mengatakan, masyarakat Nagari Tabek terlihat antusias di kegiatan Musrenbang ini. Hal itu terlihat dari panjangnya deretan jamba dulang di Balairung Sari.

"Mari pergunakan anggaran dengan sebaik mungkin. Berdayakan SDM Nagari Tabek yang ada untuk mengelola pembangunan serta mengembangan pariwisata yang telah ada, dengan meningkatkan sumber daya lokal yang berkualitas," tuturnya.

Baca juga: TK Islam Al Wirdah Kenalkan Tradisi Makan Bajamba ke Murid, Diikuti Orang Tua dan Guru

Selanjutnya, Saidani anggota DPRD menyampaikan bahwa kemampuan keuangan daerah sangat kecil, meminta kepada Nagari Tabek untuk mempergunakan belanja Nagari yang pokok dulu.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: