Disdukcapil Pekanbaru Ajak Warga Beralhir ke KTP Digital, Ini Keunggulannya

Sabtu, 02 September 2023, 15:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Pekanbaru
Disdukcapil Pekanbaru Ajak Warga Beralhir ke KTP Digital, Ini Keunggulannya
Ilustrasi Identitas Kependudukan Digital.

PEKANBARU (31/8/2023) - Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita mengajak warga ibu kota provinsi Riau itu, segera beralih menggunakan KTP digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"IKD diujicoba bersamaan dengan mulai diterapkannya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat pada tahun 2021 lalu. IKD ini ke depan, direncanakan akan jadi hubungan pelayanan publik untuk menyukseskan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," ujar Irma di Pekanbaru, Kamis.

Peralihan ini, terang dia, merujuk Permendagri No 72 tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital.

Djelaskan, perbedaan antara KTP digital dan e-KTP, di antaranya KTP digital berbentuk foto e-KTP dan QR Code, diunduh di smartphone tanpa harus diterbitkan.

Baca juga: Camat Nanggalo Fasilitasi 79 Warga Komplek Permata Surau Gadang Aktivasi IKD, Ini Syarat dan Langkahnya

"Kemudian, memerlukan smartphone dan koneksi internet. Kemungkinan, fotocopy KTP tidak diperlukan lagi di masa depan," pungkasnya. (*)

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: