5 Kerja Sampingan Bagi PNS, Bisa Jadi Tabungan Masa Tua Saat Pensiun

Kamis, 17 Agustus 2023, 11:36 WIB | Bisnis | Nasional
5 Kerja Sampingan Bagi PNS, Bisa Jadi Tabungan Masa Tua Saat Pensiun
Ilustrasi 5 ide kerja sampingan bagi PNS (foto: Canva)

Selanjutnya, lakukan riset sebanyak mungkin dengan mengakses berbagai sumber dari online serta offline. Pelajari produk dan cara bertani yang baik, kenali resiko hingga seluk beluk pasaran sacara garis luas.

Lalu, temui petani yang berpengalaman dan lihat lokasi perkebunan. Kamu tinggal di desa kan? Pastinya banyak petani di sana. Untuk di awal, kamu bisa minta tolong petani berpengalaman buat jadi mentor menggarap lahanmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai program pelatihan petani muda. Akses saja laman web Yayasan Agri Sustineri Indonesia (YASI), asal berani memulai dan bersedia meluangkan waktu saja.

Baca juga: Perantau dan Anak Nagari Panampuang Berbaur di Jalan Sehat, Ditutup dengan Hiburan KIM, Hadiah Ratusan Juta

2. Kuliner

Jenis kerja sampingan lain yang bisa PNS coba yaitu kuliner, dimana kuliner merupakan aktivitas yang selalu dilakukan oleh semua orang. Kemana pun mereka pergi, pasti berhenti untuk makan.

Adajuga yang menjadikan tempat makan untuk menghabiskan waktu istirahat mereka, nah, ini bisa jadi ide kuliner buatmu yaitu menyediakan tempat makan yang nyaman sekalian bisa istirahat.

Tentu saja untuk membuat usaha kuliner, membutuhkan modal. Maka kamu bisa mempersiapkan tabungan dari sekarang agar dapat berbisnis jangka panjang, kenali kebutuhan yang sekiranya menguntungkan.

Untuk berbisnis kuliner, tidak hanya bisa membuka warung atau rumah makan saja. Tapi, juga bisa cathering atau pun pesanan sejenisnya. Siapkan produk andalan, kemudian buat rencana promosi yang handal.

Salah satunya bisa dengan memberlakukan food testing atau makanan gratis, gencar mempromosikan ke berbagai media sosial dengan memanfaatkan Instagram Ads atau Facebook Ads misalnya. Nah, terpenting yaitu tempat usahamu harus strategis ya.

3. Beternak

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: