Supardi Sosialisasikan Festival WBTB di Payakumbuh, Ini Targetnya

Senin, 31 Juli 2023, 08:13 WIB | Wisata | Kota Payakumbuh
Supardi Sosialisasikan Festival WBTB di Payakumbuh, Ini Targetnya
Ketua DPRD Sumbar, Supardi memberikan keterangan pers usai sosialisasi Festival WBTB yang akan dihelat tanggal 12-17 Oktober 2023 di Kota Payakumbuh, di Agam Jua Art and Culture Caffe, Ahad. (humas)

PAYAKUMBUH (30/7/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menilai, ajang Festival Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) atau Intangible Cultural Herritage Festival merupakan momentum untuk menjaga, melestarikan serta mengenalkan warisan budaya tak benda yang ada di Sumatera Barat ke tingkat nasional bahkan Internasional.

"Kita tidak cukup hanya dengan pengakuan dan sertifikat saja, terhadap warisan budaya tak benda yang ada di daerah kita ini. Sebagai generasi penerus, kita harus terus menjaga dan memperkenalkan warisan budaya tak benda kita ini, salah satunya yaitu dengan kegiatan festival yang nanti kita gelar," ujar Supardi di Payakumbuh, Ahad.

Hal itu dikatakan Supardi saat sosialisasi Festival WBTB yang akan dihelat tanggal 12-17 Oktober 2023 di Kota Payakumbuh. Sosialisasi ini diikuti 150 orang peserta yang berasal dari berbagai organisasi dan unsur masyarakat di Kota Payakumbuh.

Festival ini nantinya akan dihelat Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Dinas Kebudayaan. Dalam sosialisasi yang digelar di Agam Jua Art and Culture Caffe, Ahad itu, terungkap, gelaran ini didukung pendanaan dari dana pokok pikiran Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Dikatakan Supardi, Sumatera Barat kaya dengan warisan budaya tak benda yang tersebar di berbagai wilayah.

Potensi tersebut bisa jadi daya tarik untuk menarik minat wisatawan ke Sumatera Barat. Sehingga, diharapkan nantinya Sumatera Barat bisa dilirik dunia di bidang pariwisata berbasis budaya.

Politisi Gerindra tersebut berharap, kegiatan yang digelar juga dapat terus menambah kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Barat terhadap warisan budaya tak benda, sebab di negara lain, mereka sudah lebih dulu melakukan branding.

"Kita berharap, masyarakat bisa mengolaborasikan beberapa WBTB yang ada di Sumatera Barat, sehingga bisa jadi unggulan pariwisata," harap dia.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

"Ini akan menambah income per kapita dan pertumbuhan ekonomi akan naik. Kita juga berharap, masyarakat bisa mendukung dan tidak tergerus dengan budaya luar, sebab yang akan kita tampilkan adalah budaya kita," sambungnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: