207 Guru Ngaji Dilatih Pemko Sungaipenuh

Minggu, 29 November 2015, 22:05 WIB | Kuliner | Provinsi Sumatera Barat
207 Guru Ngaji Dilatih Pemko Sungaipenuh
Kabag Kesra Setda Kota Sungaipenuh, Dahkir. (riko pirmando/valoranews)

VALORAnews - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru mengaji, sebanyak 207 orang peserta yang merupakan guru ngaji perwakilan dari desa di tiap kecamatan di Pemko Sungaipenuh, Jambi, mengikuti pelatihan.

Para guru mengaji ini adalah mereka yang telah mendapatkan bantuan insentif dari Pemko Sungaipenuh. Pelatihan digelar, Sabtu (28/11/2015) di aula kantor Walikota Sungaipenuh yang dibuka Walikota Sungaipenuh, AJB diwakili Asisten 1, Asri didampingi Dahkir (Kabag Kesra Setda Kota Sungaipenuh).

Panitia pelaksana , Dahkir melaporkan, pelatihan ini diikuti sebanyak 207 peserta yang terdiri dari 69 Desa di 8 kecamatan dalam wilayah Kota Sungaipenuh. Pelatihan Guru Mengaji ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan keagamaan dalam memberikan pengajaran.

"Sehingga, dapat meningkatkan kualitas santri dimulai dari membenahi kualitas para pendidiknya, sehingga kualitas pembelajaran al Quran berimbas pada prestasi santrinya," ungkap Dahkir.

Baca juga: Kerja Cuma 2-4 Jam Sehari, Simak Rekomendasi Part Time di Padang Sumbar

Dikatakan, secara umum eksistensi para guru mengaji, telah berjalan dinamis tetapi dipandang perlu diberikan pembekalan karena langkanya kaderisasi kedepan. Dengan keadaan seperti itu,dipandang perlu pembekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan yang telah diajarkan dalam al Quran dan Al Hadits.

"Saya pribadi merasa bangga atas terlaksananya pelatihan ini, untuk kaderisasi generasi penerus sebagai guru mengaji dan sebagai pengganti generasi pendahulu" tandasnya.

Menurutnya, pelatihan ini penting untuk dilaksanakan. Pasalnya, pemahamanan al Quran jadi benteng utama untuk menyikapi masalah sosial yang semakin kompleks saat ini serta membina kader-kader Islami yang berkualitas.

"Selain baca, memahami al Quran juga hal yang utama, dan Pemko Sungaipenuh naik satu peringkat juara lomba MTQ tingkat Provinsi Jambi 2015, dari urut 11 jadi urutan 10," tandasnya. (cr2)

Baca juga: Guru Ngaji di Agam Akan Disertifikasi

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: