Lima Warga Desa Kempas Jaya Digigit Anjing Rabies, Seorang Meninggal Dunia, Ini Sebabnya

Minggu, 23 Juli 2023, 05:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Lima Warga Desa Kempas Jaya Digigit Anjing Rabies, Seorang Meninggal Dunia, Ini Sebabnya
Ilustrasi.

PEKANBARU (22/7/2023) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau mencatat, lima orang warga Desa Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir jadi korban gigitan anjing rabies. Seorang di antaranya, dilaporkan meninggal dunia.

"Empat orang berhasil diselamatkan, karena mereka melapor dan mendapat penanganan dan diberikan Vaksin Anti Rabies (VAR). Sedangkan yang satu orang lagi tidak ada melapor hingga korban meninggal dunia," ungkap Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas PKH Riau, drh Faralinda Sari, di Pekanbaaru, Sabtu.

Bercermin dari kasus di Indragiri Hilir ini, ungkap dia, korban gigitan hewan yang terjangkit rabies dan tidak dilakukan tindakan pemberian VAR, akan berakibat fatal.

Fara mengimbau seluruh masyarakat, jika ada yang merasa pernah digigiti anjing maupun hewan peliharaan yang terkena rabies, maka segera melapor agar bisa dilakukan penanganan medis. Sehingga nyawanya bisa diselamatkan.

Baca juga: Kuota BBM Bersubsidi Riau Tahun 2023 Berkurang 7%, Ini Peringatan Dinas ESDM Riau jelang Akhir Tahun

"Ketika terjadi kasus gigitan hewan rabies, segera melapor ke dinas yang melaksanakan fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan. Seperti Unit Pusat Kesehatan Masyarakat Kesehatan Hewan (Puskeswan) atau bisa juga melapor ke Dinas Kesehatan melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat," ungkapnya.

"Sehingga, korban dapat diberikan arahan apa yang harus dilakukan dengan si hewan yang menggigit dan pemberian VAR pada korban yang digigit," ujarnya.

Dijelaskan Fara, korban yang digigit anjing atau hewan peliharaan yang terkena rabies dampaknya tidak langsung terlihat saat itu juga. Dampaknya bisa berbulan-bulan sesudah gigitan.

"Ketika virus Lyssa sudah sampai ke otak dan korban yang digigit tidak mendapatkan VAR, menunjukkan gejala dan ketika itu terjadi, bisa berujung pada kematian," sebutnya.

Baca juga: Hotel Santika Gelar Pesta Beer, Angga: KNPI Sumbar Dukung Aksi SEMMI Tolak Bavarian Party

Dengan merebak penyakit rabies yang terjadi pada hewan terutama pada anjing, dia mengimbau masyarakat khusunya yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, agar lebih berhati-hati.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: