PESSEL Miliki Varietas Durian Lokal yang Dinamai Durian Ponger

Rabu, 24 Juli 2024, 01:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PESSEL Miliki Varietas Durian Lokal yang Dinamai Durian Ponger
DURIAN PONGER, varietas durian lokal unggul baru yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat. FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (24/7/2024) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat memiliki varietas baru durian lokal unggul, yang dinamai dengan Durian Ponger.

"Ponger, adalah varietas baru durian lokal unggul di Pessel," ucap Kadis Pertanian Pessel, Madrianto, dalam relis dikirim Diskominfo Pessel, Rabu (24/7/2024).

Dia menjelaskan, nama Ponger disepakati, setelah berkonsultasi dengan Bupati Rusma Yul Anwar, dan akhirnya disetujui.

"Karena, Ponger itu mewakili nama tempat asal pohon indukan berasal, yakni: Lumpo, salah satu Nagari (desa adat) di Kecamatan IV Jurai. Tepatnya, di areal pebukitan Kayu Manang, Aia Duku, Kampung Lumpo, Nagari Ampang Tareh Lumpo," ujarnya.

Nama awalnya adalah Durian Gajah Lumpo. Ini diberikan masyarakat setempat, dikarenakan buah durian tersebut berukuran cukup besar.

Namun, saat nama itu usulkan, regulasi tidak membolehkan penamaan buah dengan nama binatang, dan alhasil disepakati ganti nama menjadi Durian Ponger.

Surat permohonan pendaftaran varietas, sudah diajukan oleh Bupati Pessel Rusma Yul Anwar pada 20 Mei 2024.

Dan, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian, juga sudah menyetujui, melalui surat dengan nomor B-117/PV.210/A.9/06/2024.

"Durian Ponger memiliki cita rasa khas. Daging buah tebal, dan lembut. Buahnya besar. Sehingga, akan membawa keuntungan berlipat, ketika dibudidayakan," ujar Madrianto.

Selain Durian Ponger, Kabupaten Pessel juga memiliki beberapa varietas buah durian lain. Seperti: Durian Kunik, Manggi, Jantuang, Taruang, Kambuik, dan lainnya. Masing - masing varietas, memiliki cita rasa berbeda. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: