SMKN 5 Mandau Diresmikan, Gubernur: Siapkan Jurusan sesuai Potensi Daaerah

Minggu, 16 Juli 2023, 01:00 WIB | Valoranews Pekanbaru | Provinsi Riau
SMKN 5 Mandau Diresmikan, Gubernur: Siapkan Jurusan sesuai Potensi Daaerah
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Kamsol (Kadisdik) dan jajaran, foto bersama usai peresmian SMKN 5 Mandau, di Kabupaten Bengkalis, Sabtu. (humas)

PEKANBARU (15/7/2023) - Gubernur Riau, Syamsuar berharap dengan beroperasinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Kabupaten Bengkalis, tidak ada lagi masyarakat yang tidak bersekolah di daerah perdesaan, terutama di Mandau, lokasi dimana sekolah didirikan.

"Pendidikan jadi fokus kami. Karena itulah, siswa SMA/SMK, tidak lagi membayar uang sekolah setiap bulannya. Karena, Pemprov Riau sudah mengalokasikan anggaran bantuan operasional sekolah daerah (Bosda)," ujar Syamsuar dihadapan ratusan masyarakat dan orangtua siswa saat meresmikan SMKN 5 Mandau, Sabtu.

Dengan adanya Bosda, urai Syamsuar, tidak ada lagi biaya sekolah dan tidak ada lagi anak-anak yang tidak sekolah.

"Tujuan Bosda, agar program wajib belajar 12 tahun bisa terwujud. Dengan adanya SMK ini, dapat mempermudah sekolah yang lebih dekat," terang Syamsuar.

Dijelaskan, ia berharap jurusan di SMK 5 ini ditambah. Saat ini, baru ada 4 jurusan. "Provinsi Riau ini memiliki sumber daya alam yang besar. Termasuk di Bengkalis, di Kecamatan Mandau ini ada banyak perusahan-perusahaan pertambangan dan perkebunan besar yang beroperasi. Ini potensi," terangnya.

"Kami harapkan Plt Kepala Sekolah, bisa bekerjasama dengan perusahaan seperti Pertamina Hulu Rokan (PHR) di sini, untuk menyiapkan jurusan-jurusan yang dimudahkan untuk pekerjaan di sini," terangnya.

"Harapan kami, anak di sini bisa melanjutkan siap bekerja di perusahaan PHR atau perusahaan yang ada di Kota Duri ini," tambahnya.

Resmikan 10 Sekolah

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol mengatakan, setelah diresmikannya SMK 5 Mandau ini, mulai tahun ini sudah menampung siswa perdana.

Dimana, jumlah siswanya masih terbatas sesuai dengan jumlah siswa yang mendaftar. Dengan lokasi yang cukup jauh dari Kota Duri ini, diharapkan bisa menampung masyarakat di area perkebunan yang ada di Kecamatan Mandau.

"Kita sudah mendata semua sarana dan prasarana di sekolah ini. Untuk penerimaan murid baru itu, ada sekitar 50 siswa, di sini ada 4 jurusan."

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: