Revitalisasi Danau Bakuok Tuntas, Ini Harapan Komisi V DPR RI

Sabtu, 15 Juli 2023, 04:00 WIB | Valoranews Pekanbaru | Provinsi Riau
Revitalisasi Danau Bakuok Tuntas, Ini Harapan Komisi V DPR RI
Sebanyak 24 Anggota Komisi V anggota DPR RI, foto bersama usai meninjau revitalisasi Danau Bokuok di Desa Aur Sati Kecamatan Tambang, Jumat. (humas)

KAMPAR (14/7/2023) - Sebanyak 24 Anggota Komisi V anggota DPR RI, tinjau Danau Bokuok di Desa Aur Sati Kecamatan Tambang, yang telah selesai direvitalisasi. Di lokasi itu dibangun sebuah Dermaga Wisata.

Rombongan yang melakukan peninjauan pada Jumat ini, dipimpin Muhammad Iqbal. Kunjungan dibagi jadi dua lokasi. Pertama, ke Desa Danau Bokuok di Kabupaten Kampar dan lokasi kedua di Kabupaten Meranti yang berada di wilayah Dapil I Riau.

Anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi Ma'azat menyampaikan, lokasi ini merupakan tanah ulayat ninik mamak Kenegerian Terantang, Kecamatan Tambang. Setiap tahun, masyarakat melakukan tradisi Maawuo Danau Bokuok.

"Akhir-akhir ini, danau sudah tertutup gulma. Oleh sebab itu, atas kesepakatan tokoh masyakarat dan telah kami lakukan komunikasi dengan Kementerian PUPR, perlu dilakukan Revitalisasi. Alhamdulilah berkat perjuangan bersama sama-sama dengan teman-teman komisi V pembangunan disetujui dan telah kita lihat bersama-sama hasilnya," ungkap Syahrul Aidi Ma'azat.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

Dia berharap, Revitalisasi Danau Bokuok ini memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat dengan pemanfaatan kawasan wisata untuk UMKM maupun sebagai destinasi wisata yang representatif.

Untuk tahap kedua, juga telah dilakukan komunikasi untuk pembangunan sarana pendukung seperti jalan sekitar danau maupun akses yang mendukung Danau Bokuok sebagai tempat yang indah, bagus alami dan menyenangkan.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar, Muhammad Firdaus mengucapkan terima kasih pada seluruh anggota DPR RI yang telah melakukan kunjungan ke Kabupaten Kampar.

"Pembangunan ini tak terlepas dari perjuangan dari Anggota DPR RI. Alhamdulilah, pembangunan Embung Danau Bokuok tahap pertama telah selesai," ungkapnya.

Baca juga: PLN Bantu Rp75 Juta, Warga Ikut Berpartisipasi, Hasilnya Jalan Usaha Tani Sepanjang 300 Meter

"Selain dapat membangkitkan wisata, ini juga akan memberikan dampak yang sangat signifikan bagi ekonomi masyarakat," tambah Firdaus.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: