Revitalisasi Danau Bakuok Tuntas, Ini Harapan Komisi V DPR RI

Sabtu, 15 Juli 2023, 04:00 WIB | Valoranews Pekanbaru | Provinsi Riau
Revitalisasi Danau Bakuok Tuntas, Ini Harapan Komisi V DPR RI
Sebanyak 24 Anggota Komisi V anggota DPR RI, foto bersama usai meninjau revitalisasi Danau Bokuok di Desa Aur Sati Kecamatan Tambang, Jumat. (humas)

Ikut hadir mendampingi Firdaus, Kadis PUPR Kampar, Afdhal, Camat Tambang, Jamilus, Kepala Desa Aur Sati, M Yanis, Ninik Mamak Kenegerian Terantang di antaranya Datuok Mulyas, M Fauzan serta tokoh masyarakat dan agama di Kenegerian Terantang.

Selain pembangunan Danau Bokuok, Firdaus juga menyampikan aspirasi pada Komisi V yakni pembangunan Rumah Layak Huni serta peningkatan jalan nasional yang melewati Kabupaten Kampar. Terutama jalur dua di Kecamatan Tambang, Jalur Dua Bangkinang Salo serta pemeliharaan jalan nasional lainnya.

"Kami mengucapkan ribuan terimakasih atas kunjungan Komisi V DPR RI, terutama pada Bapak Syahrul Aidi Ma'azat yang memberikan perhatian yang luar biasa terhadap kemajuan dan pembangunan Kabupaten Kampar ini," tutup Firdaus.

Baca juga: UMKM jadi Pondasi Pertumbuhan Ekonomi, Nevi Zuairina: Selesaikan Tantangan dengan Kerjasama

Sementara itu, Kepala BWS Sumatera III, Sahril didampingi Direktur Air Tanah dan Air Baku BWS Sumatera III, Agus Rudianto menyatakan, sebelum revitalisasi, danau ini hanya seluas 7 Ha.

"Setelah kita lakukan pembersihan, saat ini Danau Bakuok jadi seluas 21 Ha," ungkap dia.

"Fungsinya, untuk menjadikan Danau Bokuok sebagai sarana konservasi dan fasilitas penanggulangan banjir, dengan tidak menghambat fungsi /potensi pariwisata yang sudah ada sebelumnya," tambah Syahril.

"Kegiatan yang kita lakukan adalah menambah kedalaman danau, perluasan areal tampungan, pembangunan ioutlet dan peninggian tanggul sekeliling danau," urai dia. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: