Nevi Zuarina Gandeng Kemenkop agar Produktivitas dan Kualitas Produk UMKM Meningkat

Selasa, 13 Juni 2023, 14:00 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
Nevi Zuarina Gandeng Kemenkop agar Produktivitas dan Kualitas Produk UMKM Meningkat
Anggota Komisi VI DPR RI, Hj Nevi Zuairina foto bersama dengan peserta sosialisasi bersama mitra kerja Komisi VI, Kementerian Koperasi dan UKM di Bukittinggi dan Agam, akhir pekan kemarin.

BUKITTINGGI (13/6/2023) - Anggota Komisi VI DPR RI, Hj Nevi Zuairina gelar peningkatan kapasitas pelaku UMKM di Bukittinggi dan Agam untuk mendorong pertumbuhan UMKM dan Jiwa Kewirausahaan.

Pada Sosialisasi Kemenkop bersama pelaku UMKM Kecamatan Guguak panjang Kota Bukittinggi, dimana menghadirkan ratusan pelaku usaha, Nevi menggambarkan kebangkitan ekonomi negara diawali dengan bangkitnya UMKM.

Sedangkan di Kecamatan Lubuk basung Agam, ia menekankan bahwa peran UMKM telah membuat negara ini berada pada kestabilan yang cukup tegar meski diterpa ujian badai Pandemi bertahun-tahun," tutur Nevi.

"Jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi," ungkap Nevi saat sosialisasi bersama mitra kerja Komisi VI, Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca juga: PLUT KUMKM adalah Panggung Usaha dan Kreatifitas

Politisi PKS ini menambahkan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar utama ekonomi nasional tersebut harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya.

Karena, menurut dia, dukungan terhadap UMKM merupakan wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat, sehingga semua pihak harus mampu memberikan prioritas perhatian dalam urusan UMKM ini.

Nevi berpesan kepada peserta sosialisasi, agar ada kreativitas untuk mengatasi berbagai keterbatasan. Ia menggarisbawahi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku UMKM dalam mempertahankan usaha yang telah ada dan mengoptimalkan peluang di tahun 2023.

Seperti merambah dunia digital, meningkatkan kualitas dan terus berinovasi, dan lain sebagainya. Selain itu, pelaku UMKM juga bisa melakukan inkubasi bisnis.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Gelar Bimtek Implementasi Izin Usaha ke UMKM

"Saya berharap, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan memberi manfaat yang konkret kepada seluruh para peserta yang juga merupakan pelaku UMKM."

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: