Tali Penggerek Merah Putih Putus di Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Mentawai

Kamis, 01 Juni 2023, 22:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Tali Penggerek Merah Putih Putus di Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Mentawai
Seorang siswa SMAN 2 Sipora, Sogut Saputra memanjat tiang usai insiden putusnya tali pengerek sang merah putih saat pelaksanaan Upacara Bendara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Mentawai, Kamis. (daniwarti)

MENTAWAI (1/6/2023) - Upacara Hari Lahir Pancasila di tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai, diwarnai insiden putusnya tali pengikat sang merah putih.

Selain itu, bagian tali pengikatnya yang lain, juga terlilit di puncak tiang. Akibatnya, bendera yang sudah berada di puncak tiang, melorot diterbangkan angin.

"Tali bendera putus, saat bendera sudah sampai puncak tiang persisnya setelah selesai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya," ungkap salah satu peserta upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023 di lapangan kantor bupati Mentawai, Henny Tasirilelei, Kamis pagi.

Begitu tali terlepas dari tiang bendera, seorang siswa SMAN 2 Sipora, Sogut Saputra tampak langsung melepas sepatu.

Baca juga: Agam Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Andri Warman: Momentum jadi Lebih Baik

Dia bergegas mendekati tiang yang berada di tengah lapangan upacara di halaman kantor bupati Mentawai, lalu langsung memanjatnya.

Sesampainya di puncak, dia langsung melepaskan tali yang terlilit ke tiang hingga kemudian bisa digunakan kembali untuk menaikan bendera.

Peristiwa ini, menandai upacara resmi pertama dengan Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak di daerah yang berada di perairan Samudera Hindia itu.

"Kejadian seperti ini memang tidak hanya terjadi di Mentawai, daerah lain di Indonesia juga pernah terjadi. Di Mentawai juga terjadi pada hari ini, ketika upacara memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2023," ungkap Fernando.

Baca juga: Bupati Pasaman Barat dan Forkopimda Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

"Terimakasih anak kami dari siswa SMAN 2 Sipora, sudah jadi hero untuk memasang kembali tali bendera yang sempat putus," tambah Fernando.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: