Tali Penggerek Merah Putih Putus di Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Mentawai

Kamis, 01 Juni 2023, 22:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Tali Penggerek Merah Putih Putus di Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Mentawai
Seorang siswa SMAN 2 Sipora, Sogut Saputra memanjat tiang usai insiden putusnya tali pengerek sang merah putih saat pelaksanaan Upacara Bendara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Mentawai, Kamis. (daniwarti)

Gotong Royong

Sementara, Fernando Jongguran Simanjuntak saat jadi inspektur upacara, membacakan amanat Presiden Joko Widodo.

Fernando menyampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara.

Baca juga: Harlah Pancasila ke-75, Dandim: Negara Lain Iri dengan Pancasila

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada," ungkap Fernando.

Dikatakan Fernando, tema Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini yakni 'Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global,' mencerminkan komitmen bersama terhadap gotong royong untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dikatakan, hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia," tegasnya.

Fernando mengajak seluruh komponen, untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian.

"Semoga, melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang," pesannya.

"Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara," pungkas dia dalam upacara yang juga dihadiri Forkopimda dan jajaran Kepala OPD Pemkab Mentawai. (dni)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: