Penanggulangan Total TBC, Bio Farma Jalin Kerjasama dengan Sinopharm

Rabu, 31 Mei 2023, 17:36 WIB | Bisnis | Nasional
Penanggulangan Total TBC, Bio Farma Jalin Kerjasama dengan Sinopharm
Wakil Menteri I BUMN, Pahala Nugraha Mansury dan jajaran direksi Biofarma bersama Zhou Song (President Sinopharm International) dan lainnya, jelang penandatanganan kerjasama Global Co-Development Partnership on Innovative Tuberculosis Treatment antara Bio

JAKARTA (31/5/2023) - Wakil Menteri I BUMN, Pahala Nugraha Mansury berharap dalam beberapa tahun ke depan, Bio Farma dan Sinopharm dapat terus berkolaborasi dalam mewujudkan pengembangann produk inovatif berskala global - pengobatan TBC, dalam mengurangi angka ketidakpatuhan pasien akibat efek samping yang parah.

"Indonesia merupakan negara dengan prevalensi TBC tertinggi kedua di dunia. Biofarma Group, sebagai perusahaan farmasi milik negara, telah menunjukkan dukungan dan solusi dalam penanggulangan TBC melalui diagnostik, pencegahan dengan vaksin dan pengobatan dengan produk farmasi," papar Pahala dalam pernyataan tertulis yang diterima Rabu.

Biofarma Group mendukung solusi total penanggulangan penyakit Tuberkulosis (TBC), dengan melakukan Penandatangan Global Co-Development Partnership on Innovative Tuberculosis Treatment antara Bio Farma -- Sinopharm terkait pengembangan pengobatan baru TBC di Beijing pada 26 Mei 2023.

Penandatangan dilakukan Direktur Penelitian dan Pengembangan Bio Farma, Yuliana Indriati dan Vice President & President Director of Global Business Unit Sinopharm, Yan Bing.

Baca juga: Pertemuan Kemitraan Atasi Kasus ATM, Ini Arahan Sekda Mentawai

Penandatanganan ini juga disaksikan Pahala Nugraha Mansury, Zhou Song (President Sinopharm International), David Utama (Direktur Utama Kimia Farma) dan IGN Suharta Wijaya (Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Bio Farma).

Pahala menyebutkan, kerjasama Biofarma Group dengan Sinopharm telah terjalin cukup lama sejak tahun 2020.

Pada tahun 2020, telah memiliki perjanjian pembelian 7,5 juta dosis vaksin Covid-19 yang kemudian pada bulan November 2022, Kimia Farma sebagai anak perusahaan Biofarma Group, menandatangani MoU untuk memperkuat kerjasama termasuk ekspor-impor, produksi, distribusi dan kerja sama lainnya.

"Diawal tahun 2023 ini, Kimia Farma dan Sinopharm baru saja menandatangani MoU terkait pengembangan Bahan Baku Obat and Traditional Chinese Medicine," ungkap Pahala.

Baca juga: Read Aloud jadi Cara Dinas Perpustakaan Padang Berkontribusi Atasi TBC

Perkuat Peran

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: