PUSKESMAS SURANTIH Gelar Aksi Nagari Bebas Penyakit TB Paru

Minggu, 25 Agustus 2024, 18:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PUSKESMAS SURANTIH Gelar Aksi Nagari Bebas Penyakit TB Paru
UPT Puskesmas Surantih, Sutera, Pessel, melakukan aksi cepat tanggap amankan Nagari (desa adat) bebas dari penyakit Tuberkulosis (TB) Paru. FOTO: Dok Diskominfo Pessel
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (25/8/2024) - UPT Puskesmas Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, melakukan aksi cepat tanggap amankan Nagari (desa adat) bebas dari penyakit Tuberkulosis (TB) Paru.

"Aksi ini dilakukan, untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," ucap Pejabat (Pj) TB Paru Puskesmas Surantih, Maili Rozi, dalam relis Diskominfo Pessel, Minggu (25/8/2024).

Gerakan cepat tanggap ini, dilakukan bersama Tim Ketan Manis TB Puskesmas Surantih, dengan turun langsung ke lapangan, dan mengunjungi rumah - rumah pasien yang terdata mengalami penyakit TB paru di wilayahnya.

"Jadi, kita turun lapangan, menuju rumah pasie, untuk pengecekan kesehatan dan memberikan pengobatan. Karena, kalau pasien tidak diberikan pengobatan rutin, penyakitnya bisa semakin kronis. Dan, juga bisa menular kepada keluarga yang lain," ujarnya.

Baca juga: RUSMA YUL ANWAR: Pembangunan Pengembangan Puskesmas Lumpo untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Maili Rozi menjelaskan, Tim Ketan Manis TB yang turun ke lapangan tersebut, terdiri dari: dr Trisna Rahmi, Megiko Putra (tenaga perawat), dan lainnya.

TB Paru, tambahnya, dapat dicegah dengan memutus rantai penularan. Yaitu, dengan mengobati pasien sampai sembuh, serta melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

"TB paru adalah penyakit yang disebabkan bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru. Namun, tidak jarang pula, bakteri dapat mempengaruhi bagian tubuh lain," ujarnya. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: