BPJ Desak Pemerintah Revisi Tarif Royalti Monazite: Politisi Golkar DPR RI Endus Ada Permainan di Ekspor Pasir Zirkon

Jumat, 05 Mei 2023, 15:28 WIB | Bisnis | Nasional
BPJ Desak Pemerintah Revisi Tarif Royalti Monazite: Politisi Golkar DPR RI Endus Ada...
Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Patijaya.

"Kami, Kemenko Marves diberikan tugas oleh Pak Luhut untuk bisa mengelola Monazite ini menjadi LTJ,' kata Koordinator Pengelolaan Limbah Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah Kemenko Marves Rizal Panrelly, Jakarta (14/4/2023).

"Kita kembali ke hari ini, perlu kita lihat lagi apa betul itu Zirkon atau Monazite dan bisa jadi itu gabungan agar bisa ekspor," tambah dia.

Rizal mengusulkan agar menutup penjualan pasir Zirkon ini, agar Monazite yang ada di Bangka Belitung dapat dijaga dan dikelola dengan baik di dalam negeri sehingga dapat meningkatkan nilai tambah.

"Secara tegas saya kalau bisa usul untuk menata kembali LTJ Indonesia, kita mengacu program Pak Jokowi menutup ekspor raw material, kita hentikan dulu ekspor Zirkon, kita benahi dulu penanganan dalam negeri sehingga kita bisa bedakan yang mana Zirkon, Monazite dan Ilmenit," tegas Rizal.

"Saya usul sangat pada Kementerian Perdagangan, untuk menghentikan ekspor Zirkon, karena di Zirkon ini disinalir adanya potensi memasukan Monazite untuk ekspor di dalam Zirkon agar bisa ekspor," tambahnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: