BPOM Tegaskan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman Konsumsi

Minggu, 30 April 2023, 19:47 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
BPOM Tegaskan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman Konsumsi
Ilustrasi.

BUKITTINGGI (30/4/2023) - Pemerintahan Kota Bukittinggi, memperbolehkan kembali menjual, membeli dan mengkonsumsi kembali Indomie Ayam Spesial.

Kebijakan ini seiring pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, yang memastikan mi instan merek Indomie Rasa Ayam Spesial masih aman dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Terkait adanya pemberitaan dan informasi di laman resmi Otoritas Kesehatan Kota Taipei, Taiwan, pada 24 April 2023 terkait hasil pengawasan produk mie instan, yang di temukan adanya kandungan residu pestisida Etilen Oksida (EtO) dan tidak sesuai dengan peraturan di Taiwan.

Sesuai penjelasan BPOM RI Nomor HM.01.1.1.04.23.64 tanggal 27 April 2023, perlu menyampaikan informasi sebagai berikut:

Baca juga: Erman Safar Kembalikan Berkas Bacalon Wako Bukittinggi ke Partai Nasdem

Otoritas Kesehatan Kota Taipei melaporkan keberadaan EtO pada bumbu produk mi instan merek "Indomie Rasa Ayam Spesial" produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, sebesar 0,187 mg/kg (ppm).

Taiwan tidak memperbolehkan EtO pada pangan. Metode analisis yang digunakan oleh Taiwan FDA adalah metode penentuan 2-Chloro Ethanol (2-CE), yang hasil ujinya dikonversi sebagai EtO.

Oleh karena itu, kadar EtO sebesar 0,187 ppm setara dengan kadar 2-CE sebesar 0,34 ppm.

BPOM mengatakan Indonesia telah mengatur Batas Maksimal Residu (BMR) 2-CE sebesar 85 ppm melalui Keputusan Kepala BPOM Nomor 229 Tahun 2022 tentang Pedoman Mitigasi Risiko Kesehatan Senyawa Etilen Oksida.

Baca juga: Pilkada Bukittinggi 2024, Erman Safar Antarkan Berkas Pencalonan ke Partai Demokrat

Dengan demikian, kadar 2-CE yang terdeteksi pada sampel mie instan di Taiwan (0,34 ppm) masih jauh di bawah BMR 2-CE di Indonesia dan di sejumlah negara lain, seperti Amerika dan Kanada.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: