Calon Komisioner 15 KPU se-Sumatera Barat Terindikasi Anggota Parpol, Ini Kata Jubir Tim Seleksi

Selasa, 28 Maret 2023, 10:28 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Calon Komisioner 15 KPU se-Sumatera Barat Terindikasi Anggota Parpol, Ini Kata Jubir Tim...
Juru Bicara (Jubir) Tim Seleksi Calon Komisioner 15 KPU se-Sumatera Barat, Muhammad Taufik.

PADANG (28/3/2023) - Juru Bicara (Jubir) Tim Seleksi Calon Komisioner 15 KPU se-Sumatera Barat, Muhammad Taufik mengatakan, berterima kasih atas masukan yang diberikan masyarakat terkait dugaan keterlibatan sejumlah bakal calon komisioner KPU di 15 kabupaten kota sebagai anggota partai politik tertentu.

Menurutnya, tim seleksi tidak memiliki kewenangan untuk memastikan kebenaran dokumen yang dilampirkan para bakal calon saat mendaftar.

"Kita hanya meneliti kelengkapan dokumen yang diberikan sebagai persyaratan calon. Salah satunya tentang pernyataan tidak terlibat partai politik selang 5 tahun terakhir itu," ungkap Taufik di Padang, Selasa.

"Jika telah mengisi dan dibubuhi materai yang cukup, tentu tim seleksi menganggapnya telah memenuhi syarat," tambah Taufik.(Baca: PJS Sumbar Temukan Enam Calon Komisioner 15 KPU Kabupaten Kota Terindikasi Anggota Parpol)

Baca juga: DKPP Lantik 57 Tim Pemeriksa Daerah, Tanda Tangani Pakta Integritas

Taufik memastikan, dalam jadwal tahapan pelaksanaan seleksi ini, di masa pendaftaran dan seleksi administrasi, tidak ada ruang untuk meminta tanggapan masyarakat ataupun memverifikasi kebenaran faktual dokumen yang telah dilampirkan sebagai persyaratan calon.

"Masukan dan tanggapan masyarakat itu baru ada di tanggal 7-12 April 2023 setelah pengumuman hasil test tertulis dan psikologi," ungkapnya.

Artinya, proses seleksi calon komisioner itu telah selesai satu tahap yaitu test tertulis dan psikologi. Hasil dari tahapan pertama ini, tim seleksi mengumumkan 4 kali kebutuhan (20 orang) calon komisioner untuk kemudian mengikuti ujian kesehatan dan wawancara.

Selesai ujian kesehatan pada 9-11 April 2023 diikuti wawancara pada 12-14 April 2023, maka tim seleksi menetapkan 10 nama (diumumkan 19 April 2023-red) yang selanjutnya nama-nama itu disetorkan ke KPU RI untuk kemudian dipilih jadi 5 orang komisioner periode 2023-2028. (kyo)

Baca juga: DKPP Tetapkan Muhammad Taufik, Ory Sativa Syakban dan Hamdan jadi TPD Sumbar 2023

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: