DPRD Sumbar Minta Asrama Haji Embarkasi Padang Siapkan Antisipasi Dampak Debu Vulkanik Gunung Marapi

Kamis, 09 Mei 2024, 07:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Minta Asrama Haji Embarkasi Padang Siapkan Antisipasi Dampak Debu Vulkanik...
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar bersama Afrizal (anggota Komisi V), berdialog dengan Kepala UPT Asrama Haji Padang, Afrizen dan jajaran, usai peninjauan kesiapan asrama menampung JCH, Rabu. (humas)

PADANG (8/5/2024) - Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar meminta UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, mengantisipasi layanan terhadap jemaah calon haji (JCH) selama berada di asrama apabila terjadi erupsi Gunung Marapi.

"Debu erupsi letusan gunung berapi ini akan menyebabkan jadwal penerbangan terganggu. Ini akan berpotensi menyebabkan terjadinya penumpukan jamaah di Embarkasi Padang pada musim haji 2024 ini," ungkap Irsyad Syafar.

Hal itu disampaikan Irsyad Safar saat memimpin rombongan Komisi V DPRD Sumbar, meninjau kesiapan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang menjelang keberangkatan Jemaah haji Sumatera Barat, Rabu.

Bersama Irsyad Safar, juga ikut hadir anggota Komisi V, Afrizal serta Kasubag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir.

Baca juga: Bupati dan Wabup Lepas 331 JCH Pasbar, Hamsuardi: Doakan Daerah Kita Terhindar dari Musibah

Kedatangan Irsyad Safar serta rombongan disambut Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, Afrizen dan jajaran.

Dikatakan Irsyad, debu erupsi akan membuat operasional BIM akan ditutup dalam jangka waktu tertentu. Kondisi demikian sudah pernah terjadi, saat debu dari erupsi Gunung Marapi sampai ke kawasan BIM di Padang Pariaman.

Terkait kesiapan fasilitas Asrama Haji Embarkasi Padang seperti kamar-kamar yang akan ditempati JCH, sudah sangat baik. "Ada peningkatan dari tahun sebelumnya," ujar Irsyad.

Irsyad Safar tambahkan, DPRD Sumbar terus mendukung UPT Asrama Haji Embarkasi Padang agar proses pemberangkatan jemaah haji Sumatera Barat berjalan lancar dan sukses mulai dari kedatangan hingga kembali ke tanah air nanti.

Baca juga: Keberangkatan JCH di 6 Bandara Embarkasi Haji PT AP II Berjalan Sukses

Sementara, Afrizal mengingatkan, petugas kesehatan bagi JCH untuk memberikan pelayanan yang lebih baik terutama pada Lansia.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: