Aset Kereta Api di Padang Panjang akan Dijadikan Destinasi Wisata, Ini Kata Dirjen Perkeretaapian

Kamis, 23 Februari 2023, 14:05 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Aset Kereta Api di Padang Panjang akan Dijadikan Destinasi Wisata, Ini Kata Dirjen...
Sekretaris Dirjen Perkeretaapian, Yennesi Rosita bersama Sekdako Sonny Budaya Putra dan pejabat terkait, meninjau stasiun kereta api nonaktif kelas II yang terletak di Jalan Sutan Syahrir, Silaing Atas, Padang Panjang Barat, Rabu. (kominfo)

PADANG PANJANG (22/2/2023) - Kementerian Perhubungan, menyambut baik wacana Pemko Padang Panjang untuk menjadikan aset kereta api nonaktif di daerah itu sebagai destinasi wisata.

"Kita mendukung stasiun kereta api nonaktif kelas II yang terletak di Jalan Sutan Syahrir, Silaing Atas, Padang Panjang Barat dijadikan destinasi wisata," ungkap Sekretaris Dirjen Perkeretaapian, Yennesi Rosita saat pertemuannya dengan Sekdako Sonny Budaya Putra, dan jajaran pejabat terkait, di Ruang VIP Balai Kota, Rabu.

"Kami bersyukur aset kami bisa dimanfaatkan, apakah untuk wisata atau hal lain. Kalau ada inisiasi Pemerintah Padang Panjang kami sangat menyambut baik," terangnya.

"Namun, kami menunggu hal-hal yang harus dijalankan," tambah dia seraya menyampaikan Pemko perlu membuat timeline dan hal lain yang dibutuhkan merealisasikan wacana tersebut.

Baca juga: 40 Pengelola Homestay Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Usaha

Adapun kunjungan rombongan Ditjen Perkeretaapian ini merupakan balasan dari lawatan Wakil Wali Kota, Asrul ke Kemenhub beberapa waktu lalu.

Saat itu, Asrul menyampaikan perihal pemanfaatan lahan stasiun kereta api oleh Pemko.

Pemko, sebut Yennesi, perlu mengejar administrasi yang dibutuhkan agar ada progres dua tahun ke depan. Setidaknya mencapai 30 persen. "Mohon bantu percepatan," tuturnya.

Sementara itu, Sonny mengatakan, Pemko siap bekerjasama dengan Ditjen Perkeretaapian. "Potensi yang ada ini hendaknya digarap secara maksimal dapat membawa manfaat bagi Kemenhub, Pemko dan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Kunker ke Kabupaten Solok, Bicara Jalan Penghubung dan Sektor Pariwisata

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Maiharman mengekspose kajian pengembangan wisata sejarah Kota Padang Panjang.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: