45 Peserta DTD Ansor Bukittinggi Dibaiat; Patuhi Ulama dan Jaga NKRI jadi Komitmen Bersama

Minggu, 18 Desember 2022, 09:51 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
45 Peserta DTD Ansor Bukittinggi Dibaiat; Patuhi Ulama dan Jaga NKRI jadi Komitmen Bersama
Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat, Dr Rahmat Tuanku Sulaiman beserta jajaran instruktur nasional, saat pembukaan Pendidikan dan Latihan Terpadu Dasar (DTD) Ansor-Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di SMAS Pembangunan Bukittinggi, Jumat (16/12/202

"Alhamdulillah, banyak pihak yang semula sinis terhadap Ansor, kini mulai bergabung. Buktinya, DTD ini diikuti banyak pemuda yang ingin bersama merawat tradisi dan menjaga keutuhan NKRI," tukas Zuwardi.

Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat, Dr Rahmat Tuanku Sulaiman saat pembukaan, Jumat (16/12/2022) malam menegaskan, kekuatan Ansor adalah persahabatan. Sesama kader Ansor dari berbagai latar belakang tetap bersahabat. Sehingga panggilan resminya adalah sahabat.

Saat ini, terang dia, Kota Bukittinggi menyelenggarakan Pedati. Bagi Ansor Pedati itu memiliki makna tersendiri. Pertama, P, kepemudaan. Ansor adalah organisasi pemuda yang harus banyak bergerak dan melakukan berbagai kegiatan.

Kedua, E, energi. Ansor harus memiliki energi dan semangat untuk menjaga NKRI. Kontribusi Ansor dan Banser sudah diakui negara.

Ketiga D, disiplin. Kader Ansor harus disiplin, satu komando, satu barisan, satu perintah.

Keempat, A, agresif. Ansor harus agresif melakukan langkah cepat sehingga punya kader yang terlatih.

Kelima, T, teliti. Kader Ansor harus teliti dalam membaca keadaan yang tengah berkembang dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Termasuk dalam membaca tahun politik menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Keenam, I, ikhlas. Artinya masuk menjadi kader Ansor jangan niatnya untuk mendapat mendapat sesuatu atau jabatan tertentu. Tapi niatkan mensyiarkan Islam Ahlussunnah Wajlamaah An-Nahdliyah sehingga mendapatkan keberkahan dan rahmat dalam hidupnya di dunia dan akhirat kelak.

Sementara, Ketua Panitia DTD, Rifa Yanas melaporkan, DTD Ansor Banser berlangsung Jumat-Ahad (16-18/12/2022).

Pembukaan dihadiri PCNU Bukittinggi dan instruktur DTD. Masing-masing, instruktur nasional, Armaidi Tanjung, Kasatkorwil Banser Sumbar, Djafrinal Effendi, Banser Sumbar, Heri Sulamto, Fadhlur Rahman dan Provos Banser, Wagianto. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: