Khazanah Naskah Keilmuan Minangkabau Berlimpah, Filolog Unand: Pengkajian Minim

Senin, 21 November 2022, 11:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Khazanah Naskah Keilmuan Minangkabau Berlimpah, Filolog Unand: Pengkajian Minim
Filologi Indonesia/Dosen Sastra Minangkabau Universitas Andalas, Pramono PhD pada diskusi webinar virtual Ahad malam yang diadakan DPD Satupena Sumatera Barat.

"Naskah rusak karena faktor fisiologis, usia naskah yang sudah tua, iklim dan cuaca.
Rusak karena faktor mekanis, bencana alam, tekanan dan himpitan benda lain dalam penyimpanan naskah."

"Kerusakan naskah yang disebabkan oleh faktor biologis, yakni kerusakan naskah yang disebabkan serangan rayap, jamur dan mikroorganisme lainnya," sebut Pramono pada diskusi virtual yang dipandu Fuji Samantha itu.
Webinar diikuti hampir 100 orang peserta antara lain dari Florida, Amerika Serikat, Afrika Selatan, NTB, Jakarta dan sejumlah daerah di Sumatera Barat.

Ketua Satupena Sumatera Barat, Sastri Bakry mengatakan, kegiatan ini digelar merupakan bagian dari pra pelaksanaan Internationl Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang dilaksanakan Satupena Sumbar pada 22-27 Februari 2023 mendatang.

IMLF diselenggarakan DPD Satupena Sumatera Barat dan Sumbar Talenta Indonesia Foundation, didukung Kemendagri dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dipusatkan di PPSDM Kemendagri Baso, Kabupaten Agam.

Hingga hari ini sudah terdaftar lebih dari 90 orang peserta dari dalam dan luar negeri. Dari luar negeri antara lain Malaysia, Brunei, Spanyol, Jerman, Australia, Amerika, Singapure, Zimbabwe, Rusia dan Belanda.

Sedangkan kegiatan selama IMFL mencakup seminar, diskusi panel, workshop mengenai menulis akademik dan menulis kreatif, pameran literasi dan pameran buku, lomba baju kuruang basiba, pertunjukan kebudayaan/kesenian, bazar makanan dan lomba lainnya. (rls/kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: