Gelar Apel Hari Santri, PWNU Sumbar Ziarah ke Makam Pendiri MTI Batang Kabung

Sabtu, 22 Oktober 2022, 15:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Gelar Apel Hari Santri, PWNU Sumbar Ziarah ke Makam Pendiri MTI Batang Kabung
Ketua Tanfidziyah PWNU Sumatera Barat, Prof Ganefri ziarah kemakam pendiri MTI Tarbiyah Batang Kabung pada apel peringatan Hari Santri Nasional tahun 1444H/2022 M tingkat PWNU Sumbar, Sabtu. (istimewa)

Tidak belajar pada keberhasilan masa lalu. Tapi kita ingin belajar pada tantangan yang akan kita hadapi ke depan.

"Orang yang akan jadi pemenang adalah orang yang mau belajar bagaimana menghadapi tantangan ke depan. Bukan meniru apa yang dilakukan orang sebelumnya. Kalau itu yang dilakukan, kita selalu jadi follower, jadi pengikut. Tidak akan pernah jadi pemenang," terang dia.

Oleh sebab itu, kepada santri, kalau ingin sukses, maka raihlah, selesaikanlah berbagai masalah, pecahkan masalah yang dihadapi. "Artinya, kita dituntut untuk berpikir jauh ke depan. Berpikir masa depan, jangan berpikir masa lalu," kata Prf Ganefri mengingatkan kepada santri.

Baca juga: Riau Miliki 476 Pesantren, Gubernur: Santri Bertambah, Kualitas Mesti Terus Ditingkatkan

Tapi kita perlu mengenal masa lalu. Perlu menghargai jasa-jasa pahlawan pendahulu. Supaya jangan lupa bahwa kita ada ini karena adanya para pendahulu sebelum ini. Ilmu ini berkembang karena dikembangkan oleh para pendahulu sebelum kita. "Oleh karena itu, kita tidak lagi belajar ke masa lalu, tapi belajar ke masa depan," tuturnya.

Prof Ganefri juga menyampaikan, santri tingkat aliyah, bisa melanjutkan pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat yang memiliki 10 program studi. Semua program studinya sudah terakreditasi baik.

"Insya Allah, November 2022 ini melaksanakna wisuda perdana. Bagi santri pesantren yang melanjutkan pendidikan ke UNU digratiskan uang kuliah dan ada kartu Indonesia Pintar (KIP)," tutur Prof Ganefri.

Ditambahkan Prof Ganefri, program studi yang dikembangkan UNU masing-masing prodi di Fakultas Teknik adalah Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi.

Fakultas Sosial dan Humaniora prodi Ekonomi Islam, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggis.

Fakultas Sains prodi Agrobisnis, Manajemen Sumberdaya Perairan dan Budidaya Perairan.

Semua prodi yang dikembangkan UNU ini termasuk bagus untuk menghasilkan sarjana di bidangnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: