RSUP M Djamil Tangani 21 Kasus Dugaan Gagal Ginjal Akut pada Anak

Rabu, 19 Oktober 2022, 20:43 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
RSUP M Djamil Tangani 21 Kasus Dugaan Gagal Ginjal Akut pada Anak
Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, dr Lila Yanwar.

PADANG (19/10/2022) - Dinas Kesehatan Sumatera Barat, menerima laporan 21 kasus anak mengalami dugaan penyakit gagal ginjal akut. Semuanya berasal dari anak yang tengah jalani perawatan di RSUP M Djamil, Padang.

"Kedua puluh satu orang anak itu, berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, dr Lila Yanwar, dikutip dari wawancara langsung radio Classy FM, Rabu.

Disebutkan dr Lila, Dinas Kesehatan bersama RSUP M Djamil Padang, terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap perkembangan kasus penyakit ini.

"Kita bersama RSUP M Djamil melakukan pengawasan dan pemantauan. Kejadian ini juga masih dalam pembicaraan Menteri Kesehatan. Kita juga kolaborasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pusat dan Sumbar," terang dr Lila.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

"Hari ini rapat terakhir, karena penyakit gagal ginjal akut ini belum diketahui penyebabnya. Kita juga sudah bentuk Tim Satgas Provinsi Sumbar dengan melibatkan ahli terkait. Kita juga menanti hasil pemeriksaan laboratorium yang juga dilakukan Kementerian Kesehatan," terangnya.

Dikesempatan itu, Lila menambahkan, keterangan resmi terkait kasus ini akan disampaikan satuan tugas (Satgas) yang terdiri dari berbagai instansi lintas sektor.

"Dinas Kesehatan Sumbar bersama IDAI Sumbar dan RSUP M Djamil akan merilis perkembangan kasus ini besok (Kamis, 20 Oktober 2022). Termasuk merilis jumlah kasus sebenarnya," ungkap dia.

Lila menyampaikan, gejala awal penyakit ini pada anak ditandai dengan demam. Kemudian, dua atau tiga hari kemudian anak mengalami gagal ginjal berat, sehingga anak tidak bisa buang air kecil. "Dengan kondisi ini bahkan bisa berdampak kematian pada anak," ucapnya. (vri)

Baca juga: Tim DVI Polda Sumbar Terjunkan Ahli Frensik, Dokter Gigi, Ahli DNA dan Psikolog ke Lokasi Banjir Bandang

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: