DAS Batang Arau jadi Tempat Wisata, Ini Saran Mahyeldi

Jumat, 14 Oktober 2022, 19:18 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DAS Batang Arau jadi Tempat Wisata, Ini Saran Mahyeldi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi usai memberikan arahan pada Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pulihkan Batang Arau, dalam rangka pemaparan hasil riset dan integrasi peran multi pihak pulihkan Batang Arau, di Padang, Kamis. (humas)

Perlu Dikeroyok

Direktur Eksekutif WALHI Sumbar, Wengki Purwanto, menyebut FGD digelar dalam upaya mengintegrasikan peran pemerintah dan masyarakat. Harapannya Batang Arau bisa dipulihkan.

"Ini memang tak bisa dikerjakan sendiri, harus dikeroyok," ucap Wengki.

Baca juga: Bangkai dan Kapal Tak Terpakai di Batang Arau akan Diangkat

Sungai Batang Arau dengan luas DAS mencapai 172 km, hulu sungai berada pada puncak bukit Punggung Lading Kecamatan Lubuk Kilangan dan Gunung Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang, dan pada daerah hilir terdapat Pelabuhan Muara.

Sebagai sungai terbesar di Kota Padang, Batang Arau yang mempunyai panjang sungai kurang lebih 29,72 km merupakan kawasan wisata dengan daya tarik yang rendah, karena kualitas airnya yang tercemar akibat belum optimalnya pengelolaan limbah rumah tangga maupun sampah dari kegiatan sepanjang DAS Batang Arau, seperti kegiatan industri, rumah sakit, bengkel, dan limbah pasar. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: