45 Siswa Sumatera Barat Dapat Beasiswa di 5 Negara, Ini Pesan Mahyeldi

Rabu, 21 September 2022, 12:35 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
45 Siswa Sumatera Barat Dapat Beasiswa di 5 Negara, Ini Pesan Mahyeldi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan arahan pada 45 siswa asal Sumatera Barat yang akan kuliah di luar negeri, Senin. (humas)

Tareq Albana, CEO Halo Beasiswa, didampingi pembina Halo Beasiswa Jen Zuldi, kepada gubernur mengatakan ke 45 siswa, lulus dengan beragam seleksi seperti wawancara maupun nilai raport.

"Alhamdulillah, setelah kita latih dan bimbing, tahun ini ada 45 siswa yang diterima di 5 negara. 15 orang di antaranya sudah berangkat ke Turki."

"Siswa ini berangkat dengan dana mandiri. Beberapa mendapat beasiswa tapi tidak penuh, hanya gratis kuliah dan asrama," ujar Tareq.

Menurut Tareq, saat ini peluang kuliah di luar negeri sangat terbuka luas. Kuota setiap negara untuk mahasiswa luar negeri sangat banyak. Di antaranya Yaman, india, Jordan dan Jepang

Oleh sebab itu, menurut Tareq, pihaknya ingin menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumbar untuk melatih siswa-siswi SMA maupun SMK di Sumbar untuk melatih bahasa asing.

Salah seorang siswa, Khatulistiwa M Nur, yang diterima di Bursa University Turki, Jurusan Perdagangan dan Logistik, mengaku sangat senang bisa diterima di Turki. Ia juga memberi tips kepada siswa yang berminat.

"Bulatkan tekad untuk sekolah keluar negeri jauh dari orangtua serta yang terpenting menjaga nilai rapornya agar tetap bernilai bagus," kata Khatulistiwa.

Pada tahun 2021 lalu, Halo Beasiswa ini mengirim 14 orang putra putri dari Sumatera Barat yang beruntung terpilih sebagai penerima beasiswa di 7 universitas di Turki. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: