Gulo-gulo Tareh, Menu Wajib Urang Awak Generasi 90-an yang masih Dijual di Pasar Atas Bukittinggi

Minggu, 07 Agustus 2022, 18:33 WIB | Kuliner | Kota Bukittinggi
Gulo-gulo Tareh, Menu Wajib Urang Awak Generasi 90-an yang masih Dijual di Pasar Atas...
Gulo-gulo Tareh yang dikemas secara sederhana oleh PKL di dekat Jenjang 40 Pasar Atas Bukittinggi. (hamriadi)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Untuk harga, Asnimar mengaku tak begitu mahal. Kantong ukuran kecil, dijual dengan harga Rp5.000. sedangkan kantong ukuran lebih besar, Gulo-gulo Tareh bisa dibeli dengan harga Rp10.000.

"Untuk isi, jumlahnya dikira-kira saja. Tak dihitung pula berapa banyaknya," ungkap Asnimar.

Dikutip dari alodokter, beberapa nutrisi yang terkandung di dalam gula aren adalah kalium, zat besi, serat, magnesium, dan antioksidan. Tak hanya itu, gula aren juga memiliki kandungan lemak dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Baca juga: Wawako Bukittinggi Jamu Rombongan Bulan Sabit Merah dan USIM Negeri Sembilan

Akan tetapi, kandungan nutrisi tersebut hanya tersedia dengan kadar yang kecil. Satu-satunya nutrisi dalam gula aren yang kadarnya tinggi adalah kalium.

Beragam Manfaat Gula Aren

Karena lebih bergizi dibandingkan gula pasir biasa, gula aren dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Menjaga kadar gula darah

Dibandingkan jenis gula lainnya, gula aren memiliki indeks glikemik rendah. Ini artinya, kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat saat mengonsumsi gula aren. Efek ini baik bagi penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

Namun, belum ada penelitian yang dapat memastikan bahwa gula aren mampu mencegah kenaikan atau mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, manfaat gula aren untuk diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang bisa menimbulkan komplikasi serius, seperti stroke, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Untuk mengontrol tekanan darah, seseorang perlu menjalani pola hidup sehat dan salah satunya adalah mengurangi asupan garam dan memperbanyak konsumsi makanan bergizi.

Salah satu nutrisi dalam gula aren, yaitu kalium, diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Meski begitu, Anda tidak disarankan memenuhi asupan kalium sepenuhnya dari gula ini, sebab asupan gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan gigi rusak dan obesitas.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kalium diketahui baik untuk kesehatan tulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa mencukupi asupan kalium setiap harinya bisa menjaga keseimbangan kadar kalsium dalam tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: