Kit Diagnostik Molekuler untuk Kanker Usus Diluncurkan

Kamis, 21 Juli 2022, 00:00 WIB | News | Nasional
Kit Diagnostik Molekuler untuk Kanker Usus Diluncurkan
Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin bersama Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), Abdullah Azwar Anas dan lainnya, foto bersama usai peluncuran BioColomelt-Dx, Selasa.

Diketahui, kanker kolorektal merupakan sebutan lain untuk kanker yang menyerang usus besar (kolon), rektum ataupun keduanya.

Berdasarkan data WHO tahun 2018, kanker kolorektal menempati peringkat ketiga dunia untuk jenis kanker yang paling umum terjadi.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data Globocan tahun 2020, kanker kolorektal menduduki peringkat keempat kanker dengan kasus baru terbanyak di Indonesia. Setidaknya terdapat 35 ribu jumlah pasien yang terdiagnosis kanker kolorektal setiap tahunnya dan 35% di antaranya menyerang penduduk Indonesia yang berusia produktif (di bawah 40 tahun). Sedangkan angka kematian di Indonesia mencapai 6,7 dari 100 ribu kasus.

Dalam kegiatan ini antara lain; turut hadir, Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) Abdullah Azwar Anas, Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan, Rizka Andalusia.

Selanjutnya, Direktur Utama RSK Dharmais dr Soeko W Nindito DMARS dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, Direktur Hubungan Kelembagaan Bio Farma Sri Harsi Teteki, dan Senior Executive Vice President (SEVP) Produksi Bio Farma, Juliman. (vri)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: