Pengurus Perhimpunan Jurnalis Siber Bolmut Dikukuhkan

Rabu, 15 Juni 2022, 18:17 WIB | News | Nasional
Pengurus Perhimpunan Jurnalis Siber Bolmut Dikukuhkan
Musyawarah penetapan PJS Kabupaten Bolmut yang dihadiri Ketua Umum DPP PJS, Mahmud Marhaba secara virtual bertempat di aula Kantor Camat Bolangitang Barat, Rabu.

SULAWESI UTARA (15/6/2022) - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), ditetapkan dalam rapat secara virtual, Rabu.

"Organisasi profesi itu penting bagi para wartawan, mengingat dalam melaksanakan tugas akan banyak kendala yang berkaitan hukum. Dalam hal itu, organisasi profesi mempunyai wewenang dalam memberikan perlindungan hukum," ungkap Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PJS, Mahmud Marhaba dalam pernyataan tertulis, Rabu.

Dalam arahannya, Mahmud menegaskan pentingnya suatu organisasi yang mewadahi para kuli tinta. Menurutnya, dengan wadah organisasi profesi, para jurnalis mempunyai jaminan perlindungan dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

Hadirnya PJS, lanjut Sekjen JMSI itu, sebagai bentuk keprihatinan banyaknya wartawan baru yang belum ter-cover pada organisasi pers seiring pesatnya teknilogi informasi, sehingga melahirkan ribuan media online di seluruh tanah air.

Baca juga: Bupati Pelalawan Diusulkan jadi Penerima PJS Award 2024, Ini Kata Mahmud Marhaba

"Seiring kemajuan teknologi informatika, maka tumbuh pesat media online, sehingga lahir pula banyak wartawan. Tetntunya mereka tidak serta merta ter-cover pada organisasi pers, maka kami membentuk organisasi ini (PJS-red) sebagai wadah bagi pewarta baru," lanjut Mahmud.

Selaku Plt Ketum PJS, Mahmud mengatakan, jika PJS merupakan organisasi jurnalis yang memiliki visi 'Transformasi Menuju Jurnalis Berintegritas, Profesional dan Kompeten' telah berada di 16 provinsi di Indonesia. Penyebarannya pun sudah sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Untuk Kabupaten Bolmut sendiri, kata Mahmud, merupakan kabupaten pertama di seluruh Indonesia yang sudah dikukuhkan struktur organisasinya. Dalam waktu dekat, akan diikuti daerah lainnya seperti di Kalbar, Riau dan Sumut.

"Saya salut dengan Kabupaten Bolmut, karena baru Bolmut Kabupaten yang pertama di seluruh Indonesia, struktur DPC PJS-nya dikukuhkan. Dalam waktu dekat akan ada pengukuhan pengurus DPD dengan mengundang saya secara fisik," kata penguji UKW dari UPN itu.

Baca juga: DPP PJS Bahas Pelaksanaan HUT, Tiga Agenda Besar Dimatangkan

Sebelumnya, dirinya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap pengurus DPC PJS Bolmut atas gerakannya dalam mengemban amanah sebagai pemegang mandat pembentukan DPC PJS di Kabupaten paling Barat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) itu. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: