Halal Bihalal KPK dengan Wartawan: Trisula Pemberantasan Korupsi; Parpol, KPU, Bawaslu dan 272 Plt Kepala Daerah akan Disasar KPK

Selasa, 10 Mei 2022, 16:36 WIB | News | Nasional
Halal Bihalal KPK dengan Wartawan: Trisula Pemberantasan Korupsi; Parpol, KPU, Bawaslu...
Ketua KPK, Firli Bahuri.

"Komponen hasil opini BPK, nilai Sakip, indeks persepsi kualitas pelayanan publik (IPKP), indeks persepsi anti korupsi (IPAK) dan survei internal organisasi dengan hasil cukup baik bagi KPK," tukas dia.

Dikatakan, keberhasilan KPK memperoleh nilai A dengan poin 83,34, sebagai lembaga negara dengan hasil evaluasi atas tingkat akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan tahun 2021 mengartikan telah terjadi peningkatan poin 1,20 dari perolehan nilai tahun sebelumnya yaitu 82,14 kategori A.

Untuk program pembinaan mental pegawai dan meningkatkan ketaqwaan insan KPK pada Tuhan Yang Maha esa, urai dia, KORPRI KPK juga telah menggelar berbagai kegiatan keagamaan yang bermanfaat bagi seluruh elemen.

Baca juga: Sumbar Peringkat Ketiga MCP dari KPK: Minimalisir Kasus Suap di Daerah, Firli: Permudah Perizinan Usaha dan Investasi

Dikesempatan itu, Firli juga menginformasikan, KPK segera akan merampungkan proses rekruitmen dan seleksi calon pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama yang sudah dimulai sejak Maret 2022.

"Panitia Seleksi telah menyerahkan hasil 11 Jabatan Tinggi Madya dan Pratama, masing-masing jabatan telah dinyatakan lulus dan memenuhi syarat sebanyak 3 orang calon yang segera akan dipilih dan dilantik," ungkap Firli.

Disebutkan Firli, KPK juga akan melanjutkan keikutsertaan dalam agenda G20. Pada bulan Juli 2022 KPK berperan dalam pertemuan G20 sebagai Kelompok Kerja Anti Korupsi putaran kedua di Bali dan putaran ketiga pada September 2022 di Australia.

Pada tahun 2022, KPK melaksanakan Survey Penilaian Integritas (SPI). Ini merupakan program yang dimandatkan dalam RPJMN 2019-2024. SPI untuk mengukur resiko korupsi di KL dan Pemda.

"Dengan SPI kita akan mengetahui daerah dan wilayah rawan korupsi. SPI juga sebagai instrumen prmgukuran efektifitas dan efisiensi IPAK dan MCP. Sebagaimana kita ketahui, KPK sudah memiliki program IPAK (indek prilaku anti korupsi) dan MCP (monitor centre for prevention)," terangnya.

Trisula Pemberantasan Korupsi pada Pj Kepala Daerah

Firli dikesempatan itu juga menyampaikan, KPK akan terus melaksanakan Trisula Pemberantasan Korupsi pada bidang pencegahan, pendidikan dan penindakan secara proporsional, tepat sasaran dan profesional.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: