Hermanto: Pemerintah Tak Berdaya Kendalikan Harga Pangan

Minggu, 06 Maret 2022, 21:17 WIB | Bisnis | Nasional
Hermanto: Pemerintah Tak Berdaya Kendalikan Harga Pangan
Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto.

JAKARTA (6/3/2022) - Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto menilai pemerintah tak berdaya mengontrol dan mengendalikan harga pangan. Sejumlah komoditas pangan belakangan ini seperti susul menyusul mengalami kenaikan harga.

"Kenaikan harga minyak goreng belum juga mampu diatasi, sudah disusul dengan kenaikan harga kedelai, daging sapi, cabai, bawang dan gas," papar Hermanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Para pelaku pasar, katanya, seperti seirama menahan stok produk. Sehinga, barang jadi langka di pasaran, harganya naik, lalu para spekulan mengambil untung dari kenaikan harga tersebut.

"Hal ini tentu sangat merugikan rakyat yang mengalami penurunan daya beli karena penghasilan tidak naik," ucap legislator dari Fraksi PKS DPR RI ini.

Baca juga: Harga Migor Dilepas ke Mekanisme Pasar, Hermanto: Pemerintah Untungkan Oligor dan Mafia

Sejumlah pedagang, lanjutnya, melakukan protes dan mogok jualan karena stok barang langka dan harga naik.

"Meskipun harga komoditas tersebut sudah naik, barangnya tetap saja langka. Masyarakat tak berdaya menghadapi harga pasar yang tak terkendali," tutur Hermanto.

"Pemerintah mestinya mengambil tindakan tegas kepada para pelaku penimbunan barang dan menahan masuknya komoditas ke pasar," tandasnya.

Hermanto mengingatkan pemerintah, kenaikan berbagai komoditas pangan dan energi secara massif tersebut merupakan indikasi akan terjadi inflasi.

Baca juga: Data Kebun Sawit di Kawasan Hutan Riau Tidak Singkron, Hermanto: Negara Potensi Dirugikan

"Pemerintah harus bekerja ekstra keras dalam melakukan pengawasan. Selain itu, lakukan operasi pasar secara efektif dan efisien," tandasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: