Mahyeldi Targetkan Tri Sukses Lulusan SMKN PP; Ilmu, Pengalaman dan Tabungan

Senin, 21 Februari 2022, 11:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Mahyeldi Targetkan Tri Sukses Lulusan SMKN PP; Ilmu, Pengalaman dan Tabungan
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi memberikan arahan pada jajaran SMKN PP di Padang Mangateh, Limapuluh Kota, Ahad. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Dengan keterbatasan yang ada, ungkap Syarbaini, ia tetap berupaya melakukan percepatan di antaranya binaan petani peternak mulai dengan ternak ayam, lalu penghasil pupuk organik dan menumbuh kembangkan peternakan sapi perah dan kambing.

Kunjungan Mahyeldi ke SMKN PP ini, dalam rangka melakukan percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pertanian dan peternakan. Terobosan ini, selain untuk program jangka pendek juga sekaligus merencang sisi paling dasar untuk jangka panjang, yakni mencetak petani dan perternak andal dari jalur pendidikan vokasi.

Gubernur Minta Road Map SMKN PP

Baca juga: Gubernur Kumpulkan Admin Medsos OPD Pemprov Sumbar, Ini Arahannya

Menanggapi berbagai persoalan yang mengemuka itu, Mahyeldi minta kepada kepala sekolah menyiapkan presentasi detail tentang berbagai kendala serta rencana (road map) pengembangan yang ingin dilakukan di SMKN PP. Sehingga, bisa lebihi jelas tahapan-tahapan pengembangan yang akan dilaksanakan.

Mahyeldi juga mengajak kepala sekolah dan guru, untuk menyiapkan database alumni guna mengoptimalkan peran mereka di masa datang. Saat ini, tercatat ada 236 alumni SMKN PP yang tersebar diberbagai daerah dengan berbagai profesi dan jabatan.

"Sekolah ini prospeknya besar, karena sekolah ini lengkap dengan tiga kompetensi keahlian. Sekolah sejenis, hanya ada dua di Sumatera yakni Sumbar dan Aceh dengan hamparan lahannya juga luas dan dekat dengan kawasan peternakan sapi terbesar," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menegaskan keinginannya, agar metode pendidikan siswa SMKN PP Padang Mangateh, lebih berorientasi pada praktek langsung selama dua tahun. Mulai tahun kedua, siswa sudah memiliki ternaknya masing-masing dengan konsep peternakan modern, sehingga bisa memberikan penghasilan.

"Setamat dari sekolah, siswa memiliki ilmu, pengalaman sekaligus tabungan," tegas Mahyeldi.

Turut hadir mendampingi Mahyeldi, Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Erinaldi dan Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Sumbar, Asricun. (kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: