Di Pekan Kedua Februari, Minyak Goreng Harga Subsidi masih Langka

Sabtu, 12 Februari 2022, 17:45 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
Di Pekan Kedua Februari, Minyak Goreng Harga Subsidi masih Langka
Salah satu minimarket di Padang Panjang yang memajang informasi tersedianya minyak goreng harga subsidi. (kominfo)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG PANJANG (12/2/2022) - Fluktuasi harga yang terjadi selama pekan II Februari 2022, masih dalam batas kewajaran. Mayoritas fluktuasinya berada di bawah 25%.

Kepala Bagian Perekonomian Setdako, Putra Dewangga mengatakan, pekan kedua ini terdapat satu komoditi yang mengalami penurunan di atas 30%. Yaitu terung sebesar 30% dari Rp 10 ribu/kg menjadi Rp 7.000/kg.

Selain itu, terdapat tiga komoditi yang mengalami fluktuasi antara 15%-25%. Yaitu cabai rawit yang turun sebesar 20.53% (dari Rp 47.500/kg menjadi Rp 37.750/kg), cabai merah naik sebesar 17.19% (dari Rp 32 ribu/kg menjadi Rp 37.500/kg), dan bawang merah yang naik sebesar 16.67% (dari Rp 30 ribu/kg menjadi Rp 35 ribu/kg).

"Kenaikan harga yang cukup besar terjadi pada cabai merah dan bawang merah. Ini mulai menjadi perhatian ke depannya, karena jika kenaikan tersebut berlanjut, maka dapat mempengaruhi daya beli masyarakat menjelang memasuki bulan Ramadhan pada awal April 2022," tutur Putra yang juga Sekretaris Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Padang Panjang.

Baca juga: Meriahkan HUT RI, Padang Panjang dan Bank Nagari Luncurkan Program Subsidi Bunga, Ini Kata Gubernur

Terkhusus untuk minyak goreng, Putra menyampaikan, pihaknya kembali melakukan pemantauan harga minyak goreng bersubsidi langsung ke lima minimarket/swalayan yang ada di Kota Padang Panjang.

Dari hasil pemantauan tersebut, pada minimarket AB Mart hanya tersedia satu merek minyak goreng premium dengan harga yang masih di atas HET (harga eceran tertinggi) dari Permendag No 6 Tahun 2022. Yaitu, Sari Murni dengan harga Rp 16.500/liter.

Di Paris Swalayan, saat ini tersedia satu minyak goreng biasa bersubsidi merek Salvaco dengan harga Rp 14 ribu/liter.

Lalu, pada minimarket Arena, masih belum tersedia minyak goreng, baik bersubsidi maupun nonsubsidi karena stok habis.

Baca juga: BUPATI PESSEL Apresiasi Tim Damkar yang Berjibaku di Lokasi Bencana Hujan Lahar Marapi

Sedangkan di minimarket Dilaraft Mart dan Azzura Mart, belum tersedia minyak goreng bersubsidi dari pemerintah, baik yang biasa maupun premium.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: