Tim Kapsul Waktu Disambut Asap Pekat di Tanahdatar

Senin, 05 Oktober 2015, 14:30 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Tim Kapsul Waktu Disambut Asap Pekat di Tanahdatar
Tim Panda EKW 2085 Sumbar, foto bersama dengan murid SD 04 Tabek Patah, Kabupaten Tanahdatar, saat mengarak tujuh resolusi masyarakat Sumbar untuk Indonesia, Senin (5/10/2015). Di sekolah ini, Tim Panda EKW membagi-bagikan 500 masker pada murid yang mulai

VALORAnews - Tim Panitia Daerah Ekspedisi Kapsul Waktu (Panda EKW) 2085 Sumbar, terus bergerak menembus pekatnya kabut asap. Setelah istirahat semalam di Bukittinggi, sekitar pukul 08.00 WIB, tim dilepas Pemko Bukittinggi menuju Kabuapten Tanahdatar.

Iring-iringan kendaraan Tim Panda EKW 2085 Sumbar, harus bergerak pelan menembus kabut yang makin pekat, menyelimuti perjalanan dari kota wisata itu ke Kabupaten Tanahdatar itu. Sebelum sampai di Istana Rajo Basa di Pagaruyung Batusangkar, rombongan membagikan sekitar 500 masker kepada murid SD 04 Tabek Patah.

Menurut salah seorang guru di sekolah tersebut, kegiatan belajar mengajar masih berlangsung seperti biasa. Karena, minggu lalu sekolah sudah diliburkan. "Sekarang kegiatan di luar ruangan dibatasi," kata guru.

Sementara, Asisten III Setdakab Tanahdatar, Azwar Rabain mengatakan, khusus untuk tingkat SD dan TK, kebijakan untuk tetap bersekolah diserahkan kepada kepala sekolah masing-masing. "Semua tergantung kondisi di lokasi sekolahnya," terang Azwar.

Baca juga: Dinobatkan jadi Ketua Matra Sumbar, Audy Joinaldy Dianugerahi Gelar Kanjeng Pangeran Aryo Suryo Negoro

Pantauan ketika memasuki pendopo rumah bupati, bau asap bekas kebakaran, sangat jelas tercium di Luhak nan Tuo itu. Sementara, jarak pandang juga mulai terbatas. Selain itu, sejumlah guru dan warga mulai mengeluhkan perih di kerongkangan akibat kabut asap tersebut. (vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: