KPI Nobatkan Taratak FM jadi Radio Komunitas Terbaik, Bersiaran dengan Perangkat Seadanya

Kamis, 23 Desember 2021, 15:33 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
KPI Nobatkan Taratak FM jadi Radio Komunitas Terbaik, Bersiaran dengan Perangkat Seadanya
Penanggungjawab Radio Taratak FM, Simen Hadi foto bersama dengan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo sembari memperlihatkan Anugerah KPI 2021 kategori khusus Radio Komunitas Terbaik. (humas)

PADANG (23/12/2021) - Radio Taratak FM 107.7 FM, meraih penghargaan khusus Anugerah KPI 2021 Kategori Radio Komunitas Terbaik dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Penghargaan ini diterima Penanggungjawab Radio Taratak, Simen Hadi pada Anugerah KPID Sumbar 2021 yang digelar di auditorium gubernuran Sumbar, Selasa (21/12/2021).

"Tak tahu pula, apa yang membuat kita jadi juara. Dulu hanya diminta mengisi sejumlah kuisioner dan penghargaan yang pernah diterima. Tak tahunya juara," ungkap Simen Hadi saat ditemui usai penyerahan anugerah yang diserahkan langsung Gubernur Sumbar, Mahyeldi itu, Selasa sore.

Dikatakan Simen Hadi, radio komunitas yang dipimpinnya itu telah berbadan hukum Indonesia dengan nama Perkumpulan Radio Komunitas Taratak yang telah disahkan negara berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia No: AHU-0007150.AH.01.07.TAHUN 2021.

"Radio Taratak FM juga telah memiliki Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika No: 551/RF.03.03/2021," ungkap Simen Hadi seputar radio komunitas yang beralamat di Jorong Taratak, Nagari Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Berbagai program siaran, terang Simen Hadi, telah dilahirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di kampungnya. Seperti, penyuluhan tentang keluarga berencana (KB) yang dikerjasamakan dengan BKKBN Sumatera Barat.

Kemudian, menggelar acara Didikan Subuh yang diisi oleh MDTA Darul Hikmah Koto Kociak, Kecamatan Guguak. Terlibat aktif dalam menyampaikan imbauan Kamtibmas oleh Kapolsek Guguak sewaktu peluncuran Nagari Cyber 7 Koto Talago serta kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Di masa pandemi Covid19, juga aktif mengampanyekan kesadaran pentingnya mengikuti vaksinasi dan menaati protokol kesehatan (Prokes) aman Covid19. Juga concern dengan siaran yang peduli terhadap anak.

Selain itu, Radio Taratak FM juga berhasil meraih terbaik kedua pada Lomba Feature Anti Korupsi yang diselenggarakan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2014 lalu.

"Saya tak tahu persis, apa yang menjadikan Radio Taratak FM jadi yang terbaik di Indonesia. Semoga, penghargaan ini membawa kemaslahatan bagi kita semua," harap Simen Hadi.

Dikatakan Simen Hadi, radio komunitas yang dipimpinnya ini, bersiaran dengan perangkat seadanya. Sebagian besar, merupakan pinjaman dari pemerintahan nagari dan pihak lainnya yang tak mengikat.

"Dukungan berbagai pihak untuk eksistensi Radio Taratak FM ini, akhirnya berbuah penghargaan. Terimakasih atas dukungan yang telah diberikan," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: