Peringatan Hakordia 2021, Firli: Indonesia Seharusnya Sudah Bersih dari Tikus dan Kecoa

Jumat, 10 Desember 2021, 08:16 WIB | News | Nasional
Peringatan Hakordia 2021, Firli: Indonesia Seharusnya Sudah Bersih dari Tikus dan Kecoa
Ketum JMSI, Teguh Santosa (kiri) berdialog dengan Ketua KPK, Firli Bahuri tentang Hakordia 2021 di Jakarta, Kamis malam.

Untuk itu, sambungnya, KPK tidak mungkin bisa jauh dari presiden dalam melaksanakan tugas dan wewenang yang dimandatkan oleh UU KPK dan kabinet yang dipimpin presiden harus berjalan seirama, senafas, satu tindakan dan satu padu dalam membangun strategi pemberantasan korupsi.

Tugas KPK adalah memastikan anggaran yang dialokasikan presiden ke tiap institusi negara, berdaya guna dan berhasil guna dalam mendorong perekonomian nasional dengan tidak ada satu rupiah pun yang dikorupsi oleh penyelenggara negara.

Untuk itu, koordinasi dan kerjasama antara KPK dan presiden dan dengan visi yang sama, sangatlah penting untuk memimpin orkestra pemberantasan korupsi.

Trisula Pemberantasan Korupsi

Dalam peringatan Hakordia 2021, Firli Bahuri juga memperkenalkan apa yang disebutnya sebagai "Trisula Pemberantasan Korupsi" yang menjadi pemandu kerja KPK dalam pemberantasan korupsi.

Trisula pertama adalah pendidikan dan peran serta masyarakat dalam membangun dan menanamkan nilai, karakter, budaya dan peradaban manusia Indonesia yang anti perilaku korup. Sasarannya adalah peningkatan integritas penyelenggara negara dan terwujudnya budaya antikorupsi.

Trisula kedua adalah pencegahan dan monitoring dengan fokus di hulu.

Trisula ketiga, peran koordinasi dan supervisi sebagai amanat UU KPK, akan digunakan sepenuhnya untuk masuk ke seluruh institusi negara yang memproduksi regulasi untuk menjamin tidak ada celah bagi perilaku korup dalam regulasi. (kyo)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: