Manfaatkan Media Sosial, Omzet Aldinol Meningkat Signifikan

Kamis, 26 Agustus 2021, 18:01 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Manfaatkan Media Sosial, Omzet Aldinol Meningkat Signifikan
Aldinol di tokonya di Pasar Padang Panjang yang menjual kosmetik. (kominfo)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG PANJANG (26/8/2021) - Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 2020 lalu, berimbas pada omzet Aldinol (30) yang mengalami penurunan drastis. Penjual kosmetik di Pasar Pusat Padang Panjang itu kehilangan pelanggan, karena pemerintah saat itu menganjurkan toko-toko untuk tutup sementara, seiring meningkatnya angka penularan Covid19.

Tak ingin kehilangan sumber pendapatan, Aldinol (30) terpaksa harus memutar otak. Kebiasaannya bermedia sosial, dialihkan jadi hal produktif yakni mempromosikan dagangannya. Hasilnya, sangat signifikan. Karena, target pasarnya tidak lagi masyarakat dalam kota, melainkan juga luar kota Padang Panjang seperti Padang, Bukittinggi, Solok bahkan sampai ke Pulau Jawa.

"Alhamdulillah, ada peningkatan dalam transaksi. Hingga kini, penjualan melalui media sosial ini lumayan juga. Dominan pembeli adalah orang luar Padang Panjang," ceritanya.

Tak hanya di usaha kosmetik berbasis online, Aldinol pun melebarkan sayap menggarap pangsa pasar dunia maya dengan usaha kulinernya bersama sang istri, Zehan Abidin (27). Mereka merintis usaha kuliner khas Medan, dengan jualan lontong medan, soto medan dan banyak menu lainnya.

Baca juga: Meriahkan HUT RI, Padang Panjang dan Bank Nagari Luncurkan Program Subsidi Bunga, Ini Kata Gubernur

Untuk usaha kuliner online ini, Aldinol cukup hanya promosi di akun miliknya. Begitu tayang, banyak juga tanggapan yang didapatnya. Walhasil, pesanan pun segera mengalir. Dalam sehari, orderan bisa mencapai 30-50 porsi untuk lontong medan saja.

Sampai saat ini, usaha yang dikelolanya itu masih usaha rumahan dan belum ada untuk penyediaan tempat. Sehingga, bisa menghemat pengeluaraan sewa tempat. Untuk sistem pemesanannya menggunakan PO (pre-order). Pemesanan dilakukan sehari sebelumnya. Ini menutup kemungkinan Aldinol mengalami kerugian besar.

Aldinol telah membuktikan betapa kekuatan ekonomi ada di media sosial. Masa pandemi bisa diakali dengan pemanfaatan media ini agar roda ekonomi tetap berjalan. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: