BI Sumbar Gelar Festival Ekonomi Syariah Minangkabau

Selasa, 03 Agustus 2021, 19:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
BI Sumbar Gelar Festival Ekonomi Syariah Minangkabau
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan sambutan pada pembukaan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FESmina), Rabu (3/8/2021). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG PANJANG (3/8/2021) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat menggelar Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FESmina) di Padang pada 3-5 Agustus 2021 ini. Iven ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera.

"FESmina ini, bisa jadi agenda rutin tahunan dalam pengembangan ekonomi syariah di Sumbar," ungkap Kepala BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama A.

Iven ini dibuka Wakil Menteri BUMN, Pahala Mansyuri. Ikut hadir, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Koordinator Bl Wilayah Sumatera, Soekowardojo dan Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ventje Rahardjo.

FESmina menggelar empat kegiatan utama yang bertujuan untuk memulihkan ekonomi masyarakat Sumbar. Di antaranya Opening Ceremony, Syariah Ekonomi Forum, Syariah Fair dan Tabligh Akbar.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

FESmina juga mengadakan berbagai perlombaan yang mana pemenang dari setiap perlombaan, nantinya akan mewakili Sumbar di tingkat FESyar Regional Sumatera.

"Perlombaan itu di antaranya Pemilihan Lembaga Siswa Terbaik, Pemilihan Wirausaha Muda Berbasis Syariah, Lomba Kreasi Busana Muslim dengan menggunakan kain daerah dan Lomba Video Nasyid. Nantinya akan jadi perwakilan Sumbar di FESyar Regional Sumatera," terang Wahyu.

Gerakan Minangkabau Berwakaf

Sebagai tindak lanjut terpilihnya Sumbar sebagai Pilot Project Waqaf Produksi Nasional, pada pembukaan FESmina 2021 ini Kantor Perwakilan Bl Sumbar bekerjasama dengan Pemprov Sumbar juga meluncurkan Gerakan Minangkabau Berwakaf.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Semangat Kerelawanan yang Ditumbuhkan PMI

"Perkembangan ekonomi syariah di daerah, tidak lepas dari dukungan dan kolaborasi berbagai instansi dan lembaga, juga kolaborasi dengan menteri," ujar Mahyeldi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: