KPK Evaluasi Upaya Pencegahan Korupsi di Tanahdatar

Rabu, 25 November 2020, 21:44 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
KPK Evaluasi Upaya Pencegahan Korupsi di Tanahdatar
Sekda Tanahdatar, Irwandi memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Korupsi, Monitoring dan Evaluasi terkait Program Optimalisasi Penerimaan Daerah dan Manajemen Aset Daerah serta Capaian Nilai MCP Kabupaten Tanahdatar dan Limapuluh Kot

VALORAnews - Ada 8 area intervensi yang jadi aksi pencegahan korupsi terhadap pemerintah daerah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Hasil evaluasi KPK pada triwulan II, Tanahdatar masih berada pada angka 55%. Untuk triwulan III tentu diharapkan lebih baik lagi, karena telah menindaklanjuti hasil evaluasi KPK untuk lebih baik lagi," kata Sekda Tanahdatar, Irwandi, Rabu (25/11/2020) di aula eksekutif kantor bupati.

Pernyataan itu disampaikan Irwandi saat menerima kedatangan tim KPK RI yang diketuai Sugeng Basuki selaku Ketua Satgas Korwil 9 pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Korupsi, Monitoring dan Evaluasi terkait Program Optimalisasi Penerimaan Daerah dan Manajemen Aset Daerah serta Capaian Nilai MCP Kabupaten Tanahdatar dan Limapuluh Kota.

Hadir dikesempatan itu, Inspektur Sekdakab Tanahdatar, Altri Suandi, kepala OPD terkait serta para Kabag lainnya.

Baca juga: Indeks Pencegahan Korupsi, KPK Tetapkan Bukittinggi jadi yang Terbaik

Dikatapan, kedelapan area itu yakni Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah dan tata kelola dana desa.

Irwandi berharap, OPD terkait bisa lebih optimal lagi dalam pencapaian rencana aksi KPK, sehingga seluruh target yang ditetapkan tercapai.

"Terpenting adalah aksi pencegahan korupsi benar-benar diterapkan, sehingga tidak ada celah untuk melakukan tindakan korupsi di Tanahdatar," ujarnya dalam kegiatan yang dibagi 2 sesi ini.

Karena itu, tambah Irwandi, seluruh OPD yang hadir untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, terutama dalam menerima paparan dan masukan dari Tim KPK yang hadir.

Baca juga: Festival Pesona Barulak Digelar 24-26 September 2022, Yuk Ramaikan

"Rakor ini sebagai salah satu sarana memantau sejauh mana pencapaian pencegahan korupsi yang dilakukan. Terima kasih dan selamat datang atas kunjungan tim ke Tanahdatar, mohon maaf kalau ada kekurangan dalam penyambutan kami," tukas Irwandi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: